Comscore Tracker

3 Alasan Mengapa Harus Berkunjung ke Kabupaten Kediri Versi Mas Dhito

Miliki beragam potensi untuk dikunjungi

Kediri, IDN Times - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana menuturkan sejumlah alasan mengapa harus berkunjung ke Kabupaten Kediri. Selain memliliki ikon simpang lima gumul yang menyerupai monumen Arc De Triomphe di Kota Paris, Prancis, Kabupaten Kediri ini memiliki sejumlah hal lain yang unik dan tidak dimiliki oleh daerah lain. Dalam program Salam Ramadan by IDN Times, Mas Dhito, panggilan akrabnya menerangkan sejumlah hal yang menjadi alasan berkunjung ke Kabupaten Kediri.

1. Diapit dua gunung, tawarkan keindahan panorama

3 Alasan Mengapa Harus Berkunjung ke Kabupaten Kediri Versi Mas DhitoKeindahan panorama di sekitar Gunung Kelud. IDN Times / istimewa

Alasan pertama adalah soal keindahan alamnya. Kabupaten yang memiliki 26 kecamatan ini diapit oleh dua gunung. Pada bagian sisi barat terdapat Gunung Wilis dan sisi timur Gunung Kelud.

Gunung Wilis sendiri sudah tidak aktif lagu sedangkan Gunung Kelud terakhir kali erupsi pada tahun 2014 lalu. Adanya dua gunung ini menawarkan keindahan panorama yang sangat indah.

Bahkan, Mas Dhito mengatakan, keindahan panoramanya menyerupai seting dalam film Jurassic Park. "Bulan Juli nanti kita akan membuat even sepeda yang melintasi keindahan panorama gunung," ujar bupati berusia 28 tahun ini, Kamis (29/4/2021).

2. Simpan sejarah zaman kerajaan Kadiri

3 Alasan Mengapa Harus Berkunjung ke Kabupaten Kediri Versi Mas DhitoPetilasan Prabu Jayabaya di Kabupaten Kediri. IDN Times/ istimewa

Selain itu Kediri juga memunyai nilai history tersendiri. Sebelum zaman Kerajaan Majapahit dan Singhasari, telah berdiri Kerajaan Kadiri. Sejumlah peninggalanh masa kerajaan juga masih berdiri kokoh.

Selain itu terdapat juga petilasan Prabu Jayabaya, yang merupakan Raja Kerajaan Kadiri yang termasyhur dengan ramalannya.

"Kediri mempunyai nilai sejarah tersendiri dan bagi kaum milenial harus mengenalnya," tuturnya.

Baca Juga: Nyoblos Bersama Istri, Mas Dhito Pakai Sepatu Taufiq Kiemas

3. Miliki destinasi kuliner dan oleh-oleh

3 Alasan Mengapa Harus Berkunjung ke Kabupaten Kediri Versi Mas DhitoGethuk pisang, salah satu oleh-oleh khas Kediri. IDN Times/ istimewa

Beberapa destinasi kuliner dan ragam oleh-oleh juga disebut sebagai salah satu alasan berkunjung ke Kediri. Selain tahu, terdapat alternatif oleh-oleh lain seperti gethuk pisang dan buah nanas. Kediri juga mempunyai buah khas yakni Mangga Podang.

Mangga jenis ini hanya ditemui di wilayah Kabupaten Kediri saja. Untuk kulinernya, Kediri mempunyai Pecel Tumpang dan Sate Bekicot.

"Kalau kuliner dan oleh-oleh sangat banyak pilihannya," pungkasnya.

Baca Juga: Deg-degan Sebelum Nyoblos, Mas Dhito Sempatkan Diri Pantau TPS

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya