6 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19, Kantor KPU Kota Blitar Tutup

Mereka saat ini sedang isolasi mandiri

Blitar, IDN Times - Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar ditutup untuk sementara waktu. Penutupan ini menyusul temuan kasus positif COVID-19, di kantor tersebut. Sebanyak 6 orang staf terkonfirmasi positif corona. Untuk sementara waktu semua aktivitas dilakukan secara online dan menerapkan sistem work from home (WFH) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

1. Berawal dari tes swab mandiri

6 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19, Kantor KPU Kota Blitar TutupIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam menjelaskan, kasus ini terungkap setelah mereka melakukan tes swab secara mandiri pada Sabtu (12/12/2020) lalu. Swab ini dilakukan di salah satu rumah sakit swasta. Hasilnya keluar pada Senin (14/12/2020) dan 6 orang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Pemeriksaan swab ini dilakukan secara mandiri dan dengan kesadaran pribadi masing-masing, hasilnya enam di antara kami terkonfirmasi positif," ujarnya, Rabu (16/12/2020).

2. Tidak bergejala

6 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19, Kantor KPU Kota Blitar TutupIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Setelah temuan ini, seluruh aktivitas kantor dihentikan. Penyemprotan di sekitar kantor juga dilakukan. Mereka yang terkonfirmasi positif ini juga tidak hadir dalam proses rekapitulasi tingkat kota pada Selasa (15/12/2020) lalu.

"Yang jelas kondisi ke enam rekan kami sehat semua dan tidak menunjukkan gejala. Kami mohon doanya," tuturnya.

Baca Juga: Jadi Klaster Baru, 15 Narapidana Lapas Kota Blitar Positif COVID-19

3. 1 komisioner dan 5 staf yang dinyatakan positif

6 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19, Kantor KPU Kota Blitar TutupIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo menerangkan, pihaknya telah membatasi aktivitas semua komisioner dan SDM KPU Kota Blitar begitu menerima laporan adanya temuan kasus COVID-19 di KPU Kota Blitar. Enam orang yang dinyatakan positif ini terdiri dari satu komisioner dan lima orang staf. Satgas menyarankan kepada awak KPU yang positif itu agar tidak ikut memantau TPS saat pelaksanaan pilkada lalu.

"Kalau yang hadir di rapat pleno rekapitulasi kemarin semua hasil swab-nya negatif. Dan tracing sudah dilakukan, termasuk koordinasi isolasi mereka di mana," terangnya.

Baca Juga: 28 Orang Positif COVID-19, Klaster Lapas Kota Blitar Terus Meluas

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya