Comscore Tracker

Blangko KTP EL di Tulungagung Langka, Ini Sebabnya

Kelangkaan mulai terjadi sejak semingu ini

Tulungagung, IDN Times - Ketersediaan blangko KTP Elektronik di Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disependukcapil) Kabupaten Tulungagung mengalami kelangkaan sejak sepekan terakhir ini. Jumlah stok blangko yang tersedia semakin menipis menyusul tidak adanya lagi kiriman dari pemerintah pusat. Hal ini dikarenakan stok blangko KTP Elektronik di Pemerintah Pusat telah kosong.

1. Kelangkaan merata di seluruh Indonesia

Blangko KTP EL di Tulungagung Langka, Ini SebabnyaWarga mengurus KTP Elektronik di Dispendukcapil Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Dispendukcapil Tulungagung, Nina Hartiani menerangkan menipisnya stok blangko KTP Elektronik ini terjadi merata di Indonesia. Sejak seminggu ini tidak ada kiriman blangko lagi dari pemerintah pusat. Mereka telah mengajukan permintaan blangko ke pemerintah provinsi dan pusat, namun tidak ada jawaban. "Kosongnya blangko KTP Elektronik ini sudah terjadi sejak di pemerintah pusat," ujarnya, Jumat (05/11/2021).

Baca Juga: Data Vaksinasi KPCPEN Gak Update, Tulungagung Merugi

2. Hanya cetak KTP EL untuk keperluan mendesak

Blangko KTP EL di Tulungagung Langka, Ini SebabnyaPengumuman terlembatnya pasokan blangko KTP Elektronik, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Dalam sehari, rata-rata jumlah pemohon KTP Elektronik di Tulungagung mencapai 200 orang. Selain pemohon pemula, beberapa diantaranya melakukan perubahan di KTP Elektronik untuk beragam keperluan. Nina sendiri mengakui masih menyimpan sedikit blangko KTP Elektronik ini untuk mencetak dalam kondisi mendesak. Mereka hanya bisa mencetak KTP Elektronik untuk keperluan mendesak seperti kesehatan dan peserta tes PPPK saja.

"Yang lain masih belum bisa kita cetak, namun proses perekaman data tetap bisa dilakukan," terangnya.

3. Tunggu intruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat

Blangko KTP EL di Tulungagung Langka, Ini SebabnyaWarga mengurus KTP Elektronik di Dispendukcapil Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Belum ada intruksi kebijakan seperti penerbitan Surat Keterangan seperti sebelumnya. Pihak Dispendukcapil masih menunggu juknis dari pemerintah pusat terkait kebijakan tersebut. Diperkirakan ketersediaan blangko KTP Elektronik ini akan kembali normal pada pertengahan bulan ini atau awal Bulan Desember mendatang.

"Kita juga masih belum mendapatkan penjelasan terkait penyebab kosongnya blangko KTP Elektronik ini dari pemerintah pusat," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab Tulungagung Usulkan Pengadaan Mobdin Wabup Rp500 Juta 

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya