Comscore Tracker

Diciduk karena Ugal-ugalan, Rizal Bertekuk Lutut Minta Maaf ke Ibunya

Video rizal viral di media sosial

Tulungagung, IDN Times - Rizal Fatoni tak banyak berkata-kata saat polisi menyuruhnya minta maaf ke masyarakat, Sabtu (31/10/2020). Pemuda tanggung berusia 20 tahun asal Tulungagung itu harus berurusan dengan polisi gegara mengendarai motor modifikasi secara ugal-ugalan.

Sudah melawan arus, Rizal bermanuver zig zag yang tentu saja membahayakan pengguna jalan lain. Celaka dua belas, ada yang merekam aksi trek-trekannya itu. Apesnya lagi, video tersebut viral dan terpantau oleh polisi. Alhasil, Satlantas Polres Tulungagung pun langsung mencari ke rumahnya.

Saat sudah terciduk, Rizal pun tak bisa menyembunyikan rasa malu plus gugup. Padahal gayanya petentang-petenteng memakai jaket, celana jins, dan sandal jepit. Sudah mirip jagoan. Tapi saat ditanya wartawan, Rizal gagap berbicara. Mulutnya yang ditutup masker makin membuat suaranya tak jelas terdengar.

Polisi kemudian menyuruh Rizal untuk meminta maaf ke ibunya. Polisi memang sengaja mendatangkan sang ibunda supaya Rizal belajar dan sadar kesalahannya. Awalnya Rizal tampak canggung. Sejurus kemudian dia pun bertukukuk lutut. Mencium tangan ibunya yang duduk di kursi merah, setia menunggu Rizal. Anak lanang itu pun sungkem ke ibunya, persis seperti momen lebaran.

Tapi, tidak ada satu kata pun yang keluar dari mulut Rizal. Sontak dia pun disoraki. Beberapa polisi di Mapolres Tulungagung yang menyaksikan kejadian itu seperti ikut geregetan. "Ayo ndang njaluko sepuro nang ibumu. (Ayo, cepat minta maaf ke ibumu.)," ujar para polisi tersebut.

1. Aksi membahayakan dilakukan pagi hari

Diciduk karena Ugal-ugalan, Rizal Bertekuk Lutut Minta Maaf ke IbunyaPengendara motor ugal-ugalan di Tulungagung diamankan polisi, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Rizal sama sekali tidak menyangka aksi berkendara ugal-ugalan yang dilakukannya akan menjadi viral di dunia maya. Pemuda asal Desa Sambijajar, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung ini mengaku tidak tahu siapa yang merekam aksinya tersebut. Videonya menyebar di begitu saja media sosial dan banyak mendapat kecaman dari warganet. 

"Saya mengakui perbuatan tersebut pada awal September sekitar pukul 07.00 WIB. Untuk tanggalnya lupa," ujarnya, Sabtu (31/10/2020).

2. Naik motor setelah menenggak miras

Diciduk karena Ugal-ugalan, Rizal Bertekuk Lutut Minta Maaf ke IbunyaPengendara motor ugal-ugalan di Tulungagung mengganti bagian motor yang tidak sesuai standart IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Saat berkendara, Rizal dalam kondisi mabuk. Sebelumnya dia menenggak minuman keras jenis anggur. Dalam kondisi setengah sadar, dia tetap nekat memacu motornya. 

Dia mengaku sempat sembunyi usai video berdurasi 29 detik itu viral. Polisi sendiri hanya menemukan motor yang dikendarai Rizal saat mendatangi rumahnya. "Sempat takut karena videonya viral dan saya bersembunyi," tuturnya.

Baca Juga: Potret Banjir di Tulungagung Tempo Dulu, Pemilu 1955 Jadi Tak Maksimal

3. Disuruh mengganti onderdil motornya

Diciduk karena Ugal-ugalan, Rizal Bertekuk Lutut Minta Maaf ke IbunyaPengendara motor ugal-ugalan di Tulungagung diamankan polisi, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Rizal mengaku menyesali perbuatannya tersebut. Polisi memberi sanksi sosial terhadap pelaku dengan meminta maaf kepada masyarakat dan ibunya.

"Saya berjanji tidak akan mengulangi lagi, apabila saya mengulangi saya siap diproses sesuai hukum yang berlaku," janjinya.

Polisi sendiri meminta motor Honda GL Pro milik Rizal agar dikembalikan seperti sedia kala. Motor itu punya ban kecil dan knalpot yang suaranya memekikkan telinga. Saat diminta polisi, Rizal menurut. Dia lantas mengambil onderdil dibawanya dari rumah. Dengan berpeluh keringat, Rizal mengganti semuanya. Motor modifikasinya kembali lagi seperti sedia kala. 

"Kapok saya," ucapnya singkat.

Baca Juga: Polres Tulungagung Ciduk Pemuda Mabuk yang Bawa Motor Ugal-ugalan

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya