Comscore Tracker

Ganti Nama, UIN SATU Tulungagung Akan Buka 6 Fakultas Baru

Targetkan 30 ribu mahasiswa dalam lima tahun kedepan

Tulungagung, IDN Times - Sejumlah fakultas baru akan dibuka di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU). Pembukaan fakultas baru ini merupakan bentuk komitmen atas alih status dari IAIN Tulungagung menjadi UIN SATU. Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) serta peningkatan infrastruktur juga menjadi fokus utama pasca ditetapkannya sebagai UIN SATU. Dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, mereka mentargetkan jumlah mahasiswa bisa sebanyak 30 ribu mahasiswa.

1. Akan ada 6 fakultas baru

Ganti Nama, UIN SATU Tulungagung Akan Buka 6 Fakultas BaruRektor UIN SATU Tulungagung, Maftukhin, saat memberi keterangan pers. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pihak kampus pun sedang mempersiapkan pembukaan fakultas baru, yaitu  kedokteran, pertambangan, pertanian dan kelautan. Fakultas ini akan dibuka secara bertahap mulai tahun depan. Selain itu, pendidikan vokasi juga akan digelar.

Pembukaan fakultas baru ini menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan sekitar kampus. "Yang sudah hampir pasti dan mendapatkan izin adalah fakultas pertambangan, kita melihat di sekeliling Tulungagung ini mempunyai potensi tambang yang melimpah,"  kata Rektor UIN SATU, Maftukhin, Rabu (02/6/2021).

2. Nama baru merujuk pada kedekatan sejarah dengan UIN Sunan Ampel Surabaya

Ganti Nama, UIN SATU Tulungagung Akan Buka 6 Fakultas BaruGedung perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, saat ditanya tentang pemberian nama baru UIN, Maftukhin menjelaskan bahwa Sayyid Ali Rahmatullah merupakan nama asli dari Sunan Ampel. Pemilihan nama ini merupakan upaya untuk menjaga ingatan kolektif tentang akar dan sejarah institusi UIN SATU. Maklum, kampus ini bermula dari Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Cabang Tulungagung.

Lalu, pada tahun 1997 resmi berdiri sendiri dengan nama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung. Kemudian pada 2013 lalu mereka resmi berubah status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. "Beliau merupakan ulama penyebar Islam, kami juga ingin mencetak ulama yang ahli di bidang masing-masing," imbuhnya.

3. Proses alih status sudah berlangsung sejak tahun 2017

Ganti Nama, UIN SATU Tulungagung Akan Buka 6 Fakultas BaruAktvitas mahasiswa UIN SATU Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Ia menjelaskan proses pendaftaran alih status ini sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Dalam prosesnya mereka sempat terkendala dengan adanya moratorium pengusulan alih status oleh Kemenag. Namun, pada tahun 2019 moratorium tersebut resmi dicabut sehingga proses pengusulan terus berlangsung.

Bersama lima kampus lain, IAIN Tulungagung secara resmi beralih status menjadi UIN sesuai dengan Perpres nomor 40 tahun 2021. "ALhamdulillah usaha kita membuahkan hasil tahun ini, meski sempat terkendala moratorium tapi kami tetap optimis bisa melakukannya," ujarnya,

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya