Satu Hiu Paus yang Terdampar di Trenggalek Diselamatkan

Terdampar saat air laut surut

Trenggalek, IDN Times - Seekor Hiu Paus terdampar di Pantai Gemawing, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, pada Senin (24/5/2021) siang. Satwa laut terbesar ini diduga terdampar karena air laut yang surut dan bukan dikarenakan jaring nelayan. Polisi dibantu masyarakat sekitar berusaha mengevakuasi hiu paus ini ke tengah laut dengan cara mendorong. Namun besarnya ukuran ikat serta beratnya bobot membuat proses evakuasi ini berjalan lama. Setelah menunggu air laut pasang, hewan ini berhasil didorong ke tengah laut.

Baca Juga: Hiu Paus Terdampar di Pantai Bayem

1. Hiu paus terdampar dalam keadaan hidup

Satu Hiu Paus yang Terdampar di Trenggalek DiselamatkanHiu paus yang terdampar di Pantai Gemawing, Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Kasubbag Humas Polres Trenggalek, AKP Bambang Dwiyanto menerangkan hiu paus ini terdampar sekitar pukul 12.00 WIB. Warga yang melihat hewan ini terdampar, langsung melaporkan ke polisi. Saat terdampar ikan tersebut dalam keadaan hidup. Diduga hiu paus ini terdampar karena air laut yang surut sehingga kesulitan untuk kembali ke tengah laut. "Jadi terdampar karena air laut surut bukan karena terkena jaring nelayan, kondisinya masih hidup," ujarnya, Selasa (25/5/2021).

2. Dievakuasi dengan didorong kembali ke laut

Satu Hiu Paus yang Terdampar di Trenggalek DiselamatkanHiu paus yang terdampar di Pantai Gemawing, Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Polisi langsung mendatangi lokasi terdamparnya hiu paus ini begitu menerima laporan. Dibantu dengan warga sekitar, mereka berusaha mengembalikan hewan tersebut ke tengah laut dengan cara mendorongnya. Namun karena ukuran dan berat yang cukup besar, upaya ini menemui hambatan. Mereka kemudian mencoba mendorong kembali saat air laut mulai pasang. "Setelah beberapa lama akhirnya hiu paus berhasil didorong kembali ke lautan dengan selamat," imbuhnya.

3. Sudah dua kali Hiu Paus terdampar di lokasi yang sama

Satu Hiu Paus yang Terdampar di Trenggalek DiselamatkanHiu paus yang terdampar di Pantai Gemawing, Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Terdamparnya hiu paus ini bukanlah kali pertama. Bambang menyebut dalam waktu sebulan ini sudah dua kali mereka menerima laporan adanya hiu paus yang terdampar. Keduanya berhasil diselematkan dengan cara didorong kembali ke lautan oleh masyarakat. "Tapi yang pertama kemarin ukurannya tidak terlalu besar, yang terdampar kemarin sangat besar sehingga kami kesulitan melakukan evakuasi," pungkasnya.

Baca Juga: 7 Spesies Hiu yang Tidak Berbahaya Bagi Manusia, Termasuk Hiu Paus

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya