Banjir di Cakung-Cilincing, Warga Salahkan Pemilik Bangunan di JGC

Banjir di depan JGC Cakung mulai surut pukul 15.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Hujan deras yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Senin (24/2) malam, mengakibatkan sejumlah wilayah tergenang air. Seperti di Cakung, Jakarta Timur, jalan raya yang menghubungkan Cakung dan Tanjung Priok tergenang air hingga menyulitkan akses kendaraan yang menuju arah Tanjung Priok dan Pulo Gebang.

Sebelumnya, warga sempat mendemo dan merusak fasilitas yang ada di AEON Mall Cakung. AEON Mall Cakung itu sendiri berada di dalam area Jakarta Garden City (JGC). Warga menuding, mal dan bangunan-bangunan yang ada di JGC yang menyebabkan banjir di Jalan Cakung-Cilincing yang berada di depan JGC.

Baca Juga: Kronologi Warga Geruduk Mal AEON JGC Cakung Yang Dituding Biang Banjir

1. Banjir di jalan depan JGC mulai surut pukul 15.00 WIB

Banjir di Cakung-Cilincing, Warga Salahkan Pemilik Bangunan di JGCBanjir di Cakung, Jakarta Timur (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Jalanan yang berada di gerbang pintu masuk JGC, tepatnya di lampu merah JGC pada Selasa (25/2) pagi sempat terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Namun pada pukul 15.00 WIB, volume air yang menggenang terpantau berkurang. Kendaraan yang pada pagi harinya kesulitan untuk mengakses jalan di wilayah itu, kini sudah banyak yang bisa lewat.

"Pas pagi banyak motor nekat nerobos banjir, padahal airnya dalem. Akhirnya ya pada mogok juga itu motor," ujar salah seorang warga, Gery (40).

Sementara itu, dia melanjutkan, kendaraan-kendaraan yang bermuatan berat lancar dalam menerjang banjir, tidak ada yang mengalami masalah.

2. Kendaraan banyak memilih masuk tol untuk menuju ke Tanjung Priok

Banjir di Cakung-Cilincing, Warga Salahkan Pemilik Bangunan di JGCBanjir di Cakung, Jakarta Timur (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Akibat tergenangnya Jalan Cakung-Cilincing yang menuju arah Tanjung Priok, sejumlah kendaraan seperti angkutan umum tak ingin mengambil risiko untuk menerobos banjir. Mereka lebih memilih lewat tol untuk mencari aman.

Hingga Selasa sore, walaupun ketinggian air masih di kisaran 20 cm, kendaraan sudah banyak yang melintas. Angkutan umum yang pada pagi harinya enggan untuk melewati jalan yang menuju arah Tanjung Priok, kini sudah banyak yang lewat.

3. Warga keluhkan bangunan-bangunan di JGC jadi penyebab banjir

Banjir di Cakung-Cilincing, Warga Salahkan Pemilik Bangunan di JGCBanjir di Cakung, Jakarta Timur (IDN Times/Cindi Nopitasari)

Jalanan di depan pintu gerbang JGC banjir hingga ketinggian setengah meter. Sementara di dalam JGC tak mengalami banjir. Hingga kini air yang merendam area JGC sudah surut, dan hanya menyisakan genangan air di sejumlah titik.

"Gara-gara perumahan-perumahan yang ada di dalam JGC nih, bikin banjir sampai banjir seperti ini. Dalam pembangunannya, mereka gak merhatiin saluran pembuangan airnya. Jadinya ya merugikan masyarakat yang berada di sekitar JGC," kata Rodiyah, 37 tahun.

Rodiyah merupakan seorang pedagang kaki lima yang sudah berjualan selama kurang lebih 20 tahun di dekat gerbang pintu masuk JGC. Warung tersebut buka selama 24 jam. Menurutnya, selama ia berjualan, banjir kali ini merupakan banjir terparah yang melanda daerah itu.

Baca Juga: Banjir Putus Akses ke Jakarta, Karyawan di Bekasi Izin dengan Swafoto

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya