Kemensos Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir Pasuruan

Tagana dan dinas sosial setempat juga turut berkoordinasi

Jakarta, IDN Times - Menindaklanjuti arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Robben Rico meninjau lokasi banjir dan longsor di Kabupaten Pasuruan. Kementerian Sosial menyerahkan bantuan logistik dan melakukan asesmen.

"Bantuan kami kirimkan dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencananya Alam (PSKBA) dan dari Gudang Sentra Terpadu Prof. DR. Soeharso Surakarta. Semoga bantuan ini meringankan sebagian kebutuhan masyarakat terdampak," kata Robben (06/03).

Robben hadir langsung meninjau lokasi bencana di Dusun Pesanggrahan dan Dusun Magersari, Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Robben hadir untuk memastikan bantuan diterima masyarakat dengan baik.

1. Kementerian Sosial melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial setempat

Kemensos Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir PasuruanDirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Robben Rico meninjau lokasi banjir dan longsor di Kabupaten Pasuruan (Dok. Kemensos)

Kementerian Sosial melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah bergerak sejak bencana terjadi. Tagana telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial setempat untuk keperluan asesmen yakni mendata kebutuhan mendasar dan jumlah warga di pengungsian.  

Tagana juga melakukan evakuasi korban ke tempat aman khususnya untuk kelompok rentan (lansia, anak-anak, penyandang disabilitas, dan kelompok khusus lainnnya). Tagana membantu melakukan distribusi logistik pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana. 

Baca Juga: Kemensos Terjunkan Tim Bantu Korban Kebakaran Depo Plumpang

2. Tercatat terdapat 27 KK yang terdampak akibat banjir

Kemensos Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir PasuruanDirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Robben Rico meninjau lokasi banjir dan longsor di Kabupaten Pasuruan (Dok. Kemensos)

Selanjutnya, bila diperlukan, menggelar pelayanan dapur umum lapangan dan layanan dukungan psikososial (LDP) untuk pemenuhan kebutuhan dasar penyintas di lokasi pengungsian, terutama anak-anak.

Adapun bencana banjir di Pasuruan disebabkan karena hujan deras yang melanda kawasan itu sejak (04/03) sore hari.Tak hanya jalan, sejumlah penginapan atau vila dan rumah warga tergenang banjir bercampur lumpur. Aktivitas warga pun tersendat.

Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada hari Sabtu di daerah Gunung Welirang mengakibatkan arus air bercampur material lumpur dari puncak gunung menerjang rumah warga. Tercatat terdapat 27 KK yang terdampak akibat kejadian tersebut. 

3. Tagana masih melakukan asesmen awal terkait dampak bencana dan kebutuhan mendesak serta evakuasi

Kemensos Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Banjir PasuruanDirektur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Robben Rico, saat Konsolidasi PKH Tahun 2023 bersama SDM PKH Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Batu di Kota Malang. (Dok. Kemensos)

Kemensos melalui Dit. PSKBA menurunkan bantuan berupa makanan siap saji: 150 paket, makanan anak 80 paket, lauk pauk siap saji 100 paket,  bumbu siap saji 1 paket, kids wear 10 paket, selimut 20 lembar, tenda gulung: 30 lembar, peralatan dapur keluarga: 8 paket. kasur lipat: 20 lembar, tenda serbaguna 1 unit dan 100 paket sembako. Bantuan dikirim dari Gudang Sentra Terpadu Soeharso dan disalurkan pada hari ini (5/3).

Hingga saat ini, Tagana masih melakukan asesmen awal terkait dampak bencana dan kebutuhan mendesak yang dibutuhkan serta melakukan evakuasi kepada keluarga terdampak ke lokasi yang lebih aman. (WEB)

Baca Juga: Kemensos Evakuasi 18 Anak Panti Asuhan yang Menjadi Korban Kekerasan

Topik:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya