Jabar Matangkan Pembangunan Jatinangor City of Digital Knowledge

Dipaparkan pada acara Business to Government (B2G) di Bali

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman berdiskusi dengan berbagai pihak untuk mematangkan pembangunan kawasan Jatinangor dengan konsep Jatinangor, City of Digital Knowledge atau kota pengetahuan digital.

1. Herman memaparkan konsep Jatinangor, City of Digital Knowledge, kepada praktisi, akademisi teknologi digital, dan pemerintahan

Jabar Matangkan Pembangunan Jatinangor City of Digital KnowledgeSekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman berdiskusi dengan berbagai pihak untuk mematangkan pembangunan kawasan Jatinangor CIty of Digital Knowledge (dok. Pemprov Jawa Barat)

Herman memaparkan konsep Jatinangor, City of Digital Knowledge, kepada praktisi, akademisi teknologi digital, dunia usaha mancanegara, dan pemerintahan, sekaligus untuk mendapatkan masukan. Pertemuan tersebut bertajuk Business to Government (B2G) Sunset Networking: Sustainable Collaboration yang digelar di kawasan Jimbaran Hub, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (21/5).

"Banyak wawasan baru, tadi kita berdiskusi dengan teman-teman dari Bappenas, Kemendagri, Kementerian PUPR, praktisi, akademisi, dunia usaha juga ada Direktur FabLab Barcelona," ujar Herman.

Baca Juga: RS Unpad di Jatinangor akan Beroperasi Awal 2024

2. Herman juga menjelaskan tentang bagaimana membangun sebuah kota agar masyarakatnya sejahtera dan berkelanjutan

Jabar Matangkan Pembangunan Jatinangor City of Digital Knowledgeilustrasi orang bekerja (pexels.com/fauxels)

Dalam pertemuan itu, Herman memaparkan tentang bagaimana membangun sebuah kota agar masyarakatnya sejahtera dan berkelanjutan.

"Kunci utama untuk mewujudkannya bukan semata kapasitas teknologi digital tetapi perlu kolaborasi, nyali, dan aksi dari para pemangku kepentingan," tuturnya.

3. Fokus utama pembangunan Jatinangor City of Digital Knowledge yaitu pengembangan industri pengetahuan

Jabar Matangkan Pembangunan Jatinangor City of Digital KnowledgeSekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman berdiskusi dengan berbagai pihak untuk mematangkan pembangunan kawasan Jatinangor CIty of Digital Knowledge (dok. Pemprov Jawa Barat)

Pembangunan Jatinangor, City of Digital Knowledge, fokus utamanya adalah pengembangan industri pengetahuan dari sektor manufaktur atau industri tradisional, dan menekankan pada penciptaan komunitas yang mandiri dengan literasi digital yang kuat.

Herman mengatakan, pembangunan Jatinangor, City of Digital Knowledge membutuhkan dukungan startup teknologi, kolaborasi dan hub inovasi, blended finance, dan pemanfaatan sumber daya efisien.

"Kolaborasi dan sharing ilmu sangat penting terkait bagaimana kita membangun kota cerdas berkelanjutan dengan piloting smart city yang sedang kita create adalah Jatinangor, City of Digital Knowledge," kata Herman. (WEB)

Baca Juga: Pemprov Jabar Akan Bangun Padepokan Pencak Silat di Jatinangor

Topik:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya