Ikan Naik ke Pantai di Perairan Gorontalo, BMKG: Bukan Pertanda Gempa!

Jangan mudah termakan isu tidak benar, ya!

Jakarta, IDN Times - Pada hari Senin, (6/1), terjadi sebuah fenomena langka di perairan Gorontalo di mana banyak ikan naik ke daratan.

Seperti yang dilansir dari Antara, peristiwa naiknya ikan menuju daratan (pantai) bukanlah sebagai pertanda akan datangnya bencana gempa menurut BMKG.

"Pendapat tersebut tentu saja tidak benar. Hasil kajian ilmiah sejauh ini belum ada yang menunjukkan bukti kuat secara empirik yang menunjukkan adanya keterkaitan, sehingga fenomena terdamparnya ikan bukan bagian dari 'precursor' (pertanda) akan terjadi gempa bumi," ujar Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dikutip dari Antara.

1. Dikaitkannya fenomena langka tersebut dengan pertanda gempa

Ikan Naik ke Pantai di Perairan Gorontalo, BMKG: Bukan Pertanda Gempa!pixabay.com/Tumisu

"Walau begitu, fenomena munculnya ikan jenis tertentu ke daratan atau pantai memang kerap dikaitkan dengan akan datangnya bencana gempa," ujar Daryono.

Ada sejumlah pihak yang mengaitkan terjadinya fenomena langka tersebut dengan pertanda bahwa akan ada bencana gempa yang akan terjadi, namun tak serta-merta semua itu benar.

Baca Juga: Paus Terdampar di Laut Asahan, Digiring Nelayan Kembali ke Laut Lepas

2. Meningkatnya populasi ikan karena sedang musimnya

Ikan Naik ke Pantai di Perairan Gorontalo, BMKG: Bukan Pertanda Gempa!ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/wsj

Daryono melanjutkan, menurut hasil kajian, kaitan antara munculnya ikan dalam jumlah banyak tersebut lebih berkaitan dengan keadaan musim.

Dinamika populasi ikan berkaitan dengan keadaan musimnya, maka dapat diambil asumsi bahwa kejadian langka di perairan Gorontalo tersebut disebabkan oleh musim, dan bukan pertanda akan terjadinya gempa bumi atau tsunami

3. Terkait adanya fenomena "upwelling" di laut

Ikan Naik ke Pantai di Perairan Gorontalo, BMKG: Bukan Pertanda Gempa!Dok.IDN Times/Istimewa

Upwelling merupakan sebuah fenomena yang terjadi pada air laut, di mana air laut yang lebih dingin dan memiliki lebih banyak massa jenis bergerak dari dasar laut ke permukaan.

Dalam fenomena ini, biasanya akan membawa banyak ikan ke permukaan laut, bahkan beberapa di antaranya ada yang terdampar hingga ke pantai.

Baca Juga: BMKG Peringatkan Nelayan Ada Gelombang Tinggi di Perairan Halmahera

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya