Bank DBS Terapkan 4 Hal Ini di Tengah Pandemik 

Karena pandemik belum berakhir

Dunia perbankan menjadi salah satu yang terdampak oleh pandemik COVID-19. Namun bukan berarti bank bisa mengabaikan kepentingan para karyawannya. Sejak akhir bulan Maret, pandemik terus meningkat dan semakin banyak kasus positif Covid-19 terjadi di Indonesia. Situasi ini pun disadari oleh Bank DBS Indonesia melalui beragam penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk memastikan karyawan dapat beraktivitas dengan aman dan tenang. 

Bank DBS Indonesia pun menerapkan beberapa hal penting, demi menjaga karyawannya di tengah pandemik COVID-19 ini. Apa aja sih?

1. Memberikan Care Package

Bank DBS Terapkan 4 Hal Ini di Tengah Pandemik Shutterstock/Nattakorn_Maneerat

Karyawan merupakan aset yang paling berharga dan utama bagi Bank DBS Indonesia. Keselamatan, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan hingga saat berada di area kantor menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, serangkaian dukungan diatur untuk memastikan karyawan Bank DBS Indonesia terawat dengan baik. Ribuan ‘Care Package’ berupa masker hingga vitamin yang mana saat itu sedang sulit didapat dan didistribusikan kepada seluruh karyawan di penjuru Indonesia.

Banyak dari mereka menyampaikan penghargaan mereka dan merasa beruntung karena bank senantiasa menjaga dan mengutamakan karyawan mereka, terutama di tengah pandemik ini. Care Package ini juga diberikan pada karyawan alih daya seperti petugas keamanan, petugas kebersihan, dan kurir.

2. Berikan dukungan penuh pada seluruh karyawan

Bank DBS Terapkan 4 Hal Ini di Tengah Pandemik Shutterstock/fizkes

Upaya Bank DBS Indonesia tidak berhenti sampai di situ. Selama pandemik, Bank DBS Indonesia terus memberikan dukungan pada seluruh karyawan dengan berbagai fasilitas dan layanan, mulai dari penyediaan infrastruktur TI yang kuat hingga pengaturan jam kerja, pengaturan kerja dari kantor dan kerja dari rumah termasuk makan siang bagi mereka yang harus bekerja dari kantor selama masa PSBB berlangsung. 

Kemudian ada juga beragam bantuan yang diberikan Bank DBS Indonesia mulai dari transport (e-voucher taksi dan sistem reimburse), bantuan dana Parkir (sistem reimburse), bantuan data Internet, dan jika dibutuhkan, paket Sembako untuk karyawan yang terdiagnosa positif sehingga membutuhkan bantuan ketersediaan pangan. Tidak hanya sampai disitu, Bank bekerjasama dengan Rumah Sakit Swasta untuk memberikan fasilitas Rapid test dan Swab Test Covid-19 bagi karyawan yang terindikasi terpapar Covid-19.  

Untuk memastikan kesehatan setiap karyawan tetap terjaga, DBS berusaha melakukan monitoring kesehatan karyawan, melalui sebuah platform bertajuk #LaporSuhu, di mana karyawan dapat melaporkan posisi dan suhu tubuhnya dua kali sehari. Data ini kemudian dianalisa untuk melihat pergerakan temperatur karyawan setiap harinya, dan memastikan setiap karyawan yang kurang enak badan dapat segera beristirahat dan melakukan pengobatan bila perlu.

DBS juga menyadari pentingnya transparansi dalam berkomunikasi dengan karyawan. Untuk itu dibuka jalur komunikasi melalui banyak cara di antaranya melalui acara townhall, surat elektronik, juga lewat Q&A yang dapat diikuti setiap karyawan secara transparan melalui askHR lewat teknologi Pigeonhole.  Serangkaian program virtual untuk karyawan pun tetap berjalan dari Health talk, Wellness Series, Kartini Day, Kids Week, Appreciation Day, Independence Day Celebration dan beragam kuis menarik untuk menstimulasi karyawan agar tetap dapat bekerja dengan menyenangkan baik dari kantor ataupun rumah. 

3. Fasilitas dari DBS untuk karyawan Work from Home

Bank DBS Terapkan 4 Hal Ini di Tengah Pandemik Shutterstock/GaudiLab

Untuk mendukung dan memfasilitasi karyawan yang bekerja dari rumah, tim IT Desktop dan Aset DBS Indonesia berhasil mengadakan dan menyiapkan 700 laptop dalam empat hari pada saat pabrik di Tiongkok telah tutup dan ketersediaan barang pun cukup langka. Dengan hanya 12 anggota dari gabungan kedua tim, mereka melakukan mengadakan, menyiapkan dan mendistribusikan semua laptop baru tepat pada waktunya. 

Tak lupa, unit Corporate Real Estate juga memastikan penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, dan physical distancing di seluruh area kantor, serta juga secara berkala melakukan upaya pembersihan area publik dengan standar dan protokol kesehatan yang ketat dengan melakukan desinfektan rutin di seluruh bagian kantor-kantor DBS serta memberi lapisan anti-mikroba pada permukaan yang sering disentuh orang; ATM, gagang pintu, meja resepsionis, dll yang dapat mencegah virus dan bakteri tinggal di permukaan benda-benda tersebut. Bank DBS Indonesia telah menerapkan beragam upaya untuk menjaga agar karyawan sehat dan aman.

Bank DBS Indonesia juga memberikan tambahan bantuan berupa penambahan dana paket I-Flex Umum (layanan Asuransi) yang dapat digunakan untuk pembelian fasilitas penunjang work from home seperti layar monitor, kursi kerja dan lainnya serta tambahan cakupan layanan asuransi untuk penderita Covid19.

4. Ucapan syukur karyawan

Bank DBS Terapkan 4 Hal Ini di Tengah Pandemik Shutterstock/fizkes

Upaya Bank DBS Indonesia dalam menjaga karyawannya tetap sehat dan aman selama pandemik ini tentunya mendapat respon positif dari para karyawan Salah satunya adalah Daniel Danny Simatupang dari Departemen Finance & Tax Bank DBS Indonesia. Danny merasa sangat terbantu dan bersyukur atas semua perhatian yang diberikan Bank DBS Indonesia kepada para karyawan.

Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bank DBS Indonesia. Saya sangat dibantu dalam melakukan dan mendapatkan akses Test Swab PCR,” ucapnya. 

Topik:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Berita Terkini Lainnya