Comscore Tracker

Tips CEO IDN Media Kembangkan Perusahaan Saat Pandemik COVID-19

Winston Utomo berbicara di IMGS 2022 by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Pascapandemik COVID-19 banyak perusahaan mulai menerapkan sistem bekerja secara hybrid. Mereka bisa bekerja secara daring dari rumah atau tempat lainnya.

CEO IDN Media Winston Utomo mengatakan, sejak pandemik COVID-19, ia sudah menginstruksikan seluruh karyawan untuk memaksimalkan bekerja dari rumah (work from home/WFH). Dari target hanya satu atau dua bulan, WFH ternyata dilakukan hingga dua tahun.

Namun, setelah kasus COVID-19 mulai melandai, sistem bekerja secara hybrid pun mulai diberlakukan. Meski demikian, Winston tetap percaya bahwa bekerja secara tatap muka di kantor bisa memberikan efek lebih baik bagi perusahaan.

"Saya pribadi di IDN juga ada face to face interaction, dan ini sangat penting," kata dia dalam diskusi bertajuk The Future of Work and Education dalam acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 by IDN Times di The Tribrata, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, ada sebuah penelitian di Google bernama Project Aristotle yang mencari tahu hal membuat tim di sebuah perusahaan dapat berkembang dari tim lainnya. Setelah dilakukan pencarian nomor satu paling atas penyebabnya adalah Psychological Safety.

Ini merupakan kondisi di mana seseorang bisa merasa lebih aman dan nyaman saat berkarya dan bekerja. Para pekerja bisa berbicara memberikan ide dan berbagai masukan tanpa takut dihina atau dirundung.

Psychological Safety bisa lebih cepat dicapai ketika mereka bekerja dan berinterakksi secara tatap muka. Sistem itu mampu membangun kepercayaan setiap pekerja dan membuat tim bekerja lebih baik dengan performa lebih tinggi.

"Nah ini yang ingin kita ciptakan, Psychological Safety," kata dia.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IMGS 2022 Resmi Dimulai

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya