Comscore Tracker

PDI-P Diduga Curi Suara Pileg 2019, PKB Siap Ajukan Gugatan ke MK

Tak hanya di Jatim, tapi juga banyak daerah Pileg 2019 lainnya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan sikap atas dugaan pencurian suara dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Dugaan pencurian suara PKB di Pileg 2019 diduga dilakukan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Jawa Timur.

1. PKB siap ajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK)

PDI-P Diduga Curi Suara Pileg 2019, PKB Siap Ajukan Gugatan ke MKIDN Times/Denisa Tristianty

Muhaimin Iskandar, atau biasa disapa Cak Imin, tak menampik pencurian suara benar terjadi dilakukan PDI-P, salah satunya di Jawa Timur.

"Ya, kami urus. Ada yang negosiasi, (suara) kembali banyak, ada yang nanti kami bawa ke MK," kata Cak Imin di sela acara Dialog Kebangsaan yang digelar di Rumah Dinas Wakil MPR RI, Jakarta, Sabtu (18/5).

Baca Juga: BPN Siap Gugat Dugaan Kecurangan Pileg 2019 ke MK

2. Tak hanya daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur

PDI-P Diduga Curi Suara Pileg 2019, PKB Siap Ajukan Gugatan ke MKHalloRiau

Selain itu, ia mengaku dugaan pencurian suara tak hanya terjadi di Jawa Timur. "Oh, macam macam (dapil), di seluruh Indonesia. Gak hafal aku, ada di seluruh daerah," ungkap dia.

3. Partai politik lain juga ada

PDI-P Diduga Curi Suara Pileg 2019, PKB Siap Ajukan Gugatan ke MKKPU

Namun, Cak Imin juga mulai bersuara terkait dugaan pencurian suara juga dilakukan partai politik peserta Pileg 2019 lainnya. Ia membantah hanya dilakukan PDI-P.

"Oh banyak, dari berbagai partai, macam-macam," ucap dia.

Lalu, saat ditanyai paling besar dugaan pencurian suara dilakukan PDI-P ia juga membantah. "Oh, gak, gak," ujar dia.

4. Target PKB meleset 40 persen di Pileg 2019

PDI-P Diduga Curi Suara Pileg 2019, PKB Siap Ajukan Gugatan ke MK(Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Ida Fauziah (kedua kiri)) ANTARA FOTO/Reno Esnir

Sementara, terkait perolehan suara Pileg 2019 untuk kursi di Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) RI, Cak Imin mengaku tidak sesuai target. Sebagai Ketua Umum PKB, ia mengaku ada rasa kecewa.

"Ya, kecewa. Target seratus (kursi DPR RI) tapi hanya dapat 60 (kursi DPR RI). Evaluasi (kader) belum ada, nanti tapi pasti ada," ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

Baca Juga: Rekapitulasi Suara Pileg 2019: PDIP Mendominasi di 8 Provinsi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You