Panglima TNI Pantau Pulau Sebaru Sebagai Lokasi Observasi 188 WNI

Diperkirakan 188 WNI ABK akan tiba pada Jumat 28 Februari

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memantau tempat observasi untuk virus corona (Covid-19) bagi 188 Warga Negara Indonesia (WNI) dari kapal World Dream di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Kamis (27/2).

Selain Panglima TNI, Polri, BNPB, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Kementerian Kesehatan juga berangkat ke Pulau Sebaru Kecil dari Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok dengan KRI John Lie-385 sekitar pukul 08.00 WIB.

1. Sehari sebelumnya, 280 personel mengobservasi 188 WNI

Panglima TNI Pantau Pulau Sebaru Sebagai Lokasi Observasi 188 WNIIlustrasi (IDN Times/Haikal Adithya)

Sehari sebelumnya, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI, Yudo Margono melepas 280 personel yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) untuk mengobservasi 188 WNI dari kapal World Dream di Pulau Sebaru Kecil.

"Gelar pasukan dalam rangka operasi bantuan kemanusiaan yang akan dilaksakanan mulai hari ini," ucap Yudo seperti yang dilansir antara, saat upacara gelar pasukan di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (26/2).

Secara keseluruhan, anggota Kogasgabpad berjumlah 762 personel. Tim Kogasgabpad yang berangkat terdiri dari TNI, Polri, BNPB, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Luar Negeri.

2. TNI AL memfasilitasi evakuasi WNI Anak Buah Kapal MV World Dream

Panglima TNI Pantau Pulau Sebaru Sebagai Lokasi Observasi 188 WNIANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Menurut informasi yang diperoleh dari Dinas Penerangan Angkatan Laut, TNI AL memfasilitasi evakuasi WNI Anak Buah Kapal (ABK) MV World Dream menuju KRI dr Soeharso-990 di Perairan Selat Durian, Kepulauan Riau, Rabu (26/2).

WNI ABK MV World Dream yang dievakuasi berjumlah 188 orang dan seluruhnya telah dinyatakan negatif terkena virus corona (Covid-19), 188 orang tersebut terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan.

3. Diperkirakan akan tiba tanggal 28 Februari

Panglima TNI Pantau Pulau Sebaru Sebagai Lokasi Observasi 188 WNI(Tangkapan layar proses evakuasi WNI di Kapal World Dream) www.instagram.com/@fadjroelrachman

Proses evakuasi berjalan dengan baik dan lancar. Transfer personel dilakukan dua sortie dengan menggunakan Transfer Boat MV World Dream menuju KRI dr. Soeharso.

188 ABK tersebut diterima di KRI dr. Soerharso setelah melalui prosedur pemeriksaan sesuai SOP protokol medis. Selanjutkan diagendakan akan bergerak menuju Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu dan diperkirakan akan tiba pada Jumat 28 Februari.

Dalam proses evakuasi ini, TNI juga bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam, Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Jakarta dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta.

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya