Hujan Guyur Jakarta, Sejumlah Wilayah Tergenang Banjir

BPBD DKI kerahkan personel tangani banjir

Jakarta, IDN Times - Hujan yang mengguyur Jakarta pada Jumat (24/11/2023) menyebabkan banjir di beberapa wilayah Jakarta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat itu terjadi di 4 RT atau 0,013 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Anies Klaim Kemacetan Jakarta Turun di Era Kepemimpinannya

1. Data wilayah terdampak dan penyebab banjir

Hujan Guyur Jakarta, Sejumlah Wilayah Tergenang BanjirPetugas pemadam kebakaran bersama warga mengevakuasi korban banjir dengan perahu karet di Petogogan, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2022). Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda DKI Jakarta pada Sabtu 5 November 2022 siang membuat sejumlah wilayah Ibu Kota terendam banjir (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Adapun wilayah yang terdampak banjir, antara lain 2 RT di Jakarta Barat, meliputi Kelurahan Sukabumi Selatan dengan ketinggian 30-70 cm.

"Penyebabnya curah hujan tinggi dan luapan kali Pesanggrahan," kata dia.

Kemudian, terdapat 2 RT pula di Jakarta Selatan, yaitu Kelurahan Kuningan Barat dengan tinggi 50 sampai 60 cm dengan penyebab yang sama.

Baca Juga: Sopir Mobil Satpol PP DKI Ugal-Ugalan, Ada Korban Meninggal 

2. Jalan yang sempat tergenang

Hujan Guyur Jakarta, Sejumlah Wilayah Tergenang BanjirSejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2022). Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda DKI Jakarta pada Sabtu 5 November 2022 siang membuat sejumlah wilayah Ibu Kota terendam banjir (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Beberapa ruas jalan juga sempat tergenang, seperti di Jalan Ciledug Raya Seskoal (depan hotel Fontana), Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama.

Meskipun muncul genangan dengan intensitas hujan tersebut, kata dia, tetapi tidak ada warga yang harus mengungsi.

Baca Juga: Istri Anies: Selama di DKI Tak Pernah Ikut Cawe-Cawe

3. BPBD DKI kerahkan personel

Hujan Guyur Jakarta, Sejumlah Wilayah Tergenang BanjirBanjir di Kemayoran (IDN Times/Restu Putri)

Guna menangani dampak banjir tersebut, ujar Isnawa, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah.

Termasuk mengkoordinasikan unsur Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat bersama lurah dan camat setempat untuk menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," ujar dia.

Dalam keadaan darurat, masyarakat juga diminta segera menghubungi nomor telepon layanan gratis yang beroperasi 24 jam non-stop, yaitu 112.

Baca Juga: Masuki Musim Hujan, BPBD DKI Siagakan 267 Personel

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya