Comscore Tracker

Gagal di Jakarta, Popularitas Agus Masuk 5 Besar di Jawa Timur

Piye? Mas Agus ikut ndak?

Kalah di Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta tak lantas menyurutkan popularitas Agus Harimurti Yudhoyono. Hasil survei The Initiative Institute menyatakan popularitas Agus masih cukup tinggi meski gagal berlaga di Pilkada putaran kedua. Sehingga, peluangnya untuk mengikuti Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada tahun depan cukup tinggi. 

Dilansir dari Merdeka.com, tingkat popularitas Agus berdasarkan survei Initiative Instituse, masih berada di urutan lima besar. Survei dilakukan sejak Januari hingga Maret, dengan menggunakan metode tanya jawab langsung kepada 950 responden berusia 17 tahun ke atas. Para responden berasal dari 99 desa atau kelurahan di 11 daerah pemilihan.  Siapa saja pesaing Agus?

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

Gagal di Jakarta, Popularitas Agus Masuk 5 Besar di Jawa TimurJatimtimes.comTingkat popularitas Gus Ipul mencapai 82,8 persen dan elektabilitasnya tembus angka 33,2 persen. Namun, dalam survei tersebut, responden yang memilih Gus Ipul sebagai calon gubernur lebih rendah di banding sebagai calon wakil gubernur. Gus Ipul sendiri mengucap syukur dan berterima kasih atas dukungan masyarakat kepadanya. Meski begitu, dia menyebut semua keputusan harus bergantung kepada partai politiknya terlebih dahulu. 

Baca juga: Tak Mau Kalah dengan Demokrat, PDIP Juga Siapkan 6 Nama untuk Pilkada Jatim

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

Gagal di Jakarta, Popularitas Agus Masuk 5 Besar di Jawa TimurTempo.co Beda tipis dengan Gus Ipul, tingkat popularitas Khofifah mencapai 81,4 persen (popularitas) dan 28,3 persen untuk elektabilitasnya. Menanggapi hal itu, Khofifah menyatakan ada sejumlah pihak yang mengapresiasi dirinya lantaran masuk bursa pemimpin Jawa Timur. "Saya rasa harus cek sound dulu, cek sound adalah survei yang harus dilakukan secara detail," ujar Khofifah seperti dikutip Liputan6.com.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Gagal di Jakarta, Popularitas Agus Masuk 5 Besar di Jawa Timursurabayanews.co.id

Tak hanya popularitas belaka, kinerja Risma untuk kota Surabaya telah memberikan bukti. Penghargaan tingkat nasional maupun internasional berhasil dipamerkan kota Pahlawan itu. Untuk popularitasnya, Risma meraih 75,4 persen dan elektabilitas di angka 26,1 persen. 

Sedangkan Risma lagi-lagi menegaskan tak berniat maju menjadi calon gubernur Jatim karena masih memiliki tanggung jawab di Surabaya. "Tidak ada tanggapan, saya tidak kepingin kok. Ngurus Surabaya saja," ujarnya.

Agus Harimurti Yudhoyono.

Gagal di Jakarta, Popularitas Agus Masuk 5 Besar di Jawa Timurinstagram.com/annisayudhoyono Kekalahan Agus di Pilkada DKI Jakarta memberi keuntungan tersendiri bagi wacana bursa Pilgub Jawa Timur. Dia berhasil menggeser angka popularitas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, yakni mencapai angka 40,2 persen. Dia sempat membantah akan maju menjadi calon gubernur Jawa Timur. Sementara ini, ia disibukkan dengan "membayar utang" waktu kepada keluarganya. Memang, selama mengikuti proses Pilkada DKI Jakarta, waktunya habis tersita untuk kampanye, blusukan, dan kegiatan politik lainnya.

Ketua DPW PKB, Abdul Halim Iskandar.

Gagal di Jakarta, Popularitas Agus Masuk 5 Besar di Jawa TimurJatim.comPolitikus Partai Kebangkitan Bangsa ini mendulang angka popularitas sebesar 14,6 persen. Dia optimistis pelaksanaan Pilgub Jawa Timur lebih kondusif dibanding Pilkada DKI Jakarta. "Jatim memiliki karakter sendiri. Masyarakat masih menganggap bahwa politik merupakan hal yang tak perlu disakralkan," ujar Halim.

Adapun lima calon lainnya yang siap berebut porsi popularitas dan elektabilitas warga Jawa Timur setahun mendatang, antara lain:

6. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Said Abdullah dengan angka popularitas 11,6 persen.

7. Popularitas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebesar 8,8 persen.

8. Bupati Malang Rendra Kresna, berada di angka 6,8 persen.

9. Politikus Partai Keadilan Sejahtera M. Misbakhun. Mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 itu mendapatkan popularitas sebanyak 5,4 persen.

10. Anggota DPR RI Hasan Aminuddin. Tingkat kepopuleran politikus Partai NasDem itu hanya 5,2 persen.

Baca juga: 10 Kegiatan Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan Setelah Selesai dari Pilkada DKI

Topic:

Berita Terkini Lainnya