Menhub: Arus Balik dari Sumatra ke Jawa Hari Ini Masih Landai

Menhub nilai dampak kebijakan relaksasi masa berlaku tiket

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, arus balik dari Pulau Sumatra ke Jawa pada hari keempat Idul Fitri 1445 Hijriah belum meningkat signifikan. Jumlah penumpang masih relatif landai di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (14/4/2024).

"Dengan adanya relaksasi yang dilakukan kemarin, hari ini (arus balik) masih relatif landai," kata Menhub di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, dikutip dari ANTARA, Minggu.

Dalam kunjungannya, Menhub bersama Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, Kapolda Lampung Irjen Pol HElmy Santika, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi.

Baca Juga: Kapolda Lampung Klaim Situasi Lalu Lintas ke Bakauheni Zona Hijau

1. Relaksasi masa berlaku tiket berdampak terhadap arus balik

Menhub: Arus Balik dari Sumatra ke Jawa Hari Ini Masih LandaiSuasana H+3 arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Minggu (14/4/2024). (IDN Times/ Martin L Tobing).

Menteri Perhubungan mengatakan, kebijakan relaksasi berupa penghapusan masa berlaku tiket untuk 24 jam pertama berdampak pada arus balik. Kebijakan itu diterapkan selama 11-21 April 2024.

"Jadi menurut ukuran dari pada jumlah kapal yang harus dioperasikan, relatif masih landai," kata dia.

Baca Juga: Menhub Nilai Layanan Mudik Lebaran Bakauheni Lebih Bagus dari Merak

2. Menhub apresiasi Polda Lampung

Menhub: Arus Balik dari Sumatra ke Jawa Hari Ini Masih LandaiMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) menghadiri rapat koordinasi dengan stakeholder di Polda Lampung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Dalam kesempatan itu, Budi Karya mengapresiasi pola penanganan arus balik yang diterapkan Polda Lampung. Polisi menerapkan penanganan kendaraan arus balik dengan pola hijau, kuning, dan merah.

Saat kondisi arus balik berwarna merah, kapal yang dioperasikan dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak bakal lebih banyak.

"Dari sini (Pelabuhan Bakauheni) kapal langsung ke sana (Pelabuhan Merak), bongkar, balik lagi dari sana tanpa memuat," kata Budi.

Baca Juga: Cerita Jurnalis Menahan Rindu ke Keluarga, Liputan Mudik di Bakauheni

3. Pelabuhan Panjang jadi alternatif

Menhub: Arus Balik dari Sumatra ke Jawa Hari Ini Masih LandaiPelabuhan Panjang Bandar Lampung melayani penyeberangan arus balik bagi pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan Banten terhitung, Jumat (12/4/2024). (IDN Times/Martin L Tobing).

Menhub menambahkan, penyeberangan dari Pelabuhan Panjang, Lampung, menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten, juga dibuka untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus balik. Ia berharap, para pemudik bisa memanfaatkan layanan kapal di Pelabuhan Panjang.

Berdasarkan pantauan arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Minggu, penyeberangan terpantau lancar. Penumpang pejalan kaki yang berdatangan ke terminal reguler bisa langsung mengurus kelengkapan tiket tanpa menunggu antrean.

Hanya calon penumpang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat yang mengantre di jalur masuk kapal. Antrean kendaraan terjadi di dalam area pelabuhan, tidak meluber hingga ke luar.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya