Adik Abu Bakar Ba'asyir Bebas Hari Ini 

Sempat ditahan, kini Noeim Ba'asyir bebas murni

Jakarta, IDN Times – Narapidana kasus terorisme Noeim Ba'asyir Bin Salim Ba'asyir, telah bebas dari penjara pada Selasa (19/2). Adik kandung narapidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir tersebut, telah menjalani masa hukuman pokok selama 6 tahun dipotong remisi tahanan 3 bulan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tulungagung, Jawa Timur.

1. Noeim Ba'asyir dijemput keluarga

Adik Abu Bakar Ba'asyir Bebas Hari Ini IDN Times/Sukma Shakti

Melansir dari Antara, Noeim keluar dari pintu gerbang LP Tulungagung sekitar pukul 09.00 WIB, kemudian menumpangi kendaraan Toyota Kijang Innova yang telah menunggu di luar. Di dalam mobil tersebut, sesuai keterangan petugas LP Tulungagung, berisi adik Noeim, istri dan anaknya.

2. Noeim mengaku ingin mengurus keluarga

Adik Abu Bakar Ba'asyir Bebas Hari Ini IDN Times/Sukma Shakti

Noeim terus menebar senyuman, sesekali menjawab pertanyaan wartawan sambil menunjukkan bukti bebas murni yang ia dapatkan dari LP Tulungagung. “(Habis ini) Saya mau ngurus keluarga,” kata Noeim Ba'asyir, saat ditanya mengenai kegiatan setelah bebas dari penjara.

3. Sempat beberapa kali pindah penjara

Adik Abu Bakar Ba'asyir Bebas Hari Ini Aceh Image

Noeim sempat menjalani masa kurungan di LP Kelas II A Pamekasan. Namun karena di sana mengamuk dan mengancam sipir LP karena masalah permintaan bilik asmara yang tidak dituruti, ia dipindahkan ke LP Kelas II B Tuban, lalu dipindah lagi ke LP Kelas II B Tulungagung.

Baca Juga: Ini Kata Kapolri Soal Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir

4. Ia seharusnya dibebaskan pada Mei nanti

Adik Abu Bakar Ba'asyir Bebas Hari Ini (Ilustrasi ditahan) IDN Times/Sukma Shakti

Kepala LP Kelas II B Tulungagung, Erry Taruna menyatakan bahwa Noeim seharusnya bebas pada tanggal 21 Mei 2019. Namun karena Noeim mendapat potongan resmi tahanan selama 3 bulan maka ia bisa keluar lebih awal.

5. Enggan menjawab perihal Pemilu 2019

Adik Abu Bakar Ba'asyir Bebas Hari Ini 

Noeim tidak menjawab saat diajukan pertanyaan mengenai orientasi pilihan pada Pemilu 2019. Ia juga menegaskan tentang komitmen dan kesetiannya pada NKRI. “Saya orang Indonesia,” katanya singkat.

Baca Juga: Batalnya Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir, Johan Budi: Bukan Grusa-Grusu

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya