Kocak, 4 Tragedi Sapi Ngamuk Saat Akan Disembelih

Namanya juga hewan, tenaganya super besar!

Hal yang paling ditunggu-tunggu dari perayaan Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban dan prosesi pembagiannya. Anak kecil dan remaja yang biasanya paling antusias menyaksikan penyembelihan hewan dari jarak dekat. Meski mengerikan melihat pisau tajam dan darah hewan yang bercucuran, momen ini sepertinya terlalu sayang mereka lewatkan.

Di balik antusiasme masyarakat menyaksikan penyembelihan hewan, ada sederet panitia yang harus bekerja keras mengendalikan hewan-hewan kurban agar tidak memberontak. Mengendalikan sapi tentu jauh lebih sulit daripada kambing. Bobot tubuhnya yang besar dan tenaganya yang super, membuat panitia kelimpungan. Tiap tahunnya pasti ada saja tragedi sapi mengamuk sampai menghebohkan warga sekitar. Nah, di momen Idul Adha 2017 ini kejadian sapi mengamuk kembali terulang. Bahkan bisa dibilang lebih ekstrem dari tahun-tahun sebelumnya. Ada sapi yang sampai menceburkan diri ke sungai dan berdiri dengan dua kaki. Pasti heboh, ya!

1. Sapi dan panitia tercebur ke sungai.

https://www.youtube.com/embed/RupIIZ-wJ6A

Di kawasan Matraman, Jakarta Timur, kejadian hewan kurban mengamuk sampai viral di sosial media. Bagaimana tidak, sapi kurban yang mengamuk berlari sampai ke arah sungai. Ia terus berontak dan berulah di tepian sungai tersebut. Tiba-tiba si sapi yang tali pengikatnya dipegangi dua orang panitia, menceburkan diri ke sungai dan membuat seorang panitia ikut tercebur.

2. Sapi mengamuk hingga berdiri dengan dua kaki.

https://www.youtube.com/embed/HXMV3wlWbNQ

Di Malang, Jawa Timur, sapi kurban juga menghebohkan warga sekitar dengan amukannya. Sapi jenis limosin yang terkenal berbobot besar serta bertenaga lebih kuat dibanding sapi lain ini, merepotkan warga dengan tingkahnya. Sesaat sebelum disembelih, ia terus berusaha kabur sehingga dibutuhkan 4 orang pria dewasa untuk menarik tali pengikatnya. Tidak hanya berontak, sapi limosin ini sampai melompat dan berdiri dengan dua kaki belakangnya saja. Sementara dua kaki depannya diangkat tinggi mengundang teriakan heboh warga.

3. Sapi mengamuk hingga robohkan rumah.

Kocak, 4 Tragedi Sapi Ngamuk Saat Akan Disembelihjejamo.com

Kalau sapi lain hanya mengejar warga atau berdiri dengan dua kaki, sapi kurban di Lampung ini sampai merobohkan rumah, lho! Dilansir dari Okezone, sebuah rumah yang bangunannya sudah nampak tua di Kecamatan Enggal, Bandar Lampung, roboh diterjang sapi kurban.

Menurut warga sekitar, sejak pukul 00.40 WIB atau Jumat (01/09) dini hari, sapi tersebut terus mengamuk sampai tali pengikatnya lepas dan berlari menerjang tiang penyangga rumah. Alhasil rumah tersebut roboh, namun untungnya tidak sampai menimpa hewan kurban lainnya yang berada di lokasi yang sama.

Kehebohan tidak berhenti di situ. Pagi hari sebelum shalat Idul Adha dimulai, sapi yang sama kembali membuat kehebohan dengan mengamuk sampai tali pengikatnya lepas lagi. Kini ia sampai berlari sejauh setengah kilometer melewati lokasi shalat Idul Adha. Sontak kejadian itu membuat warga, terutama para pria, berhamburan mengejar si sapi. Kocak banget, sih sapi Lampung ini!

4. Sapi mengamuk acak-acak posko panitia.

https://www.youtube.com/embed/X-gKCDQuO_I

Tidak tanggung-tanggung, amukan hewan kurban yang satu ini hingga merepotkan sederet aparat kepolisian. Kejadian ini terjadi di halaman Kantor Polres Kediri yang menyediakan tempat untuk penyembelihan hewan kurban. Dilansir dari Okezone, sapi milik Kepolisian Polres Kediri tersebut mengamuk sebelum disembelih hingga tali pengikatnya lepas. Si sapi segera berlari ke arah posko panitia dan mengacak-acak apapun yang ada di sana. Panitia yang panik segera berhamburan kalang kabut menyelamatkan diri.

Bukannya ketakutan, mereka justru berlari sambil tertawa geli karena heboh dikejar sapi. Ditambah teriakan histeris ibu-ibu yang tak kalah menggelikan. Akhirnya sapi dapat dijinakkan setelah lebih dari sepuluh orang mengepungnya, termasuk jajaran aparat kepolisian Polres Kediri. Duh, si sapi ini bikin repot pak polisi saja!

Dian Arthasalina Photo Verified Writer Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya