Banjir Melanda Mampang Depok, Lalu Lintas Terganggu

Banjir akibat sungai Licin meluap

Depok, IDN Times - Hujan deras yang melanda wilayah Depok sejak Rabu (29/11/2023) sore hingga malam, menyebabkan air Kali Licin meluap di Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok. Akibatnya, sejumlah pengendara terpaksa memutar balik kendaraannya, bahkan hingga terjatuh akibat nekat menerjang jalan yang tergenang banjir.

Salah seorang pengendara, Edi mengendarai sepeda motor dari wilayah Sawangan menuju Margonda melintas di Simpang Mampang, namun terjebak banjir hingga terjatuh akibat derasnya arus.

"Saya coba melintas, namun malah terjatuh akibat menerjang banjir menggunakan motor saya," ujar Edi kepada IDN Times, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga: Hujan Deras, Ratusan Warga Depok Terkena Banjir dan Longsor

1. Banyak pengendara motor memutar balik kendaraannya akibat banjir

Banjir Melanda Mampang Depok, Lalu Lintas TergangguEdi salah seorang pengendara yang terjatuh akibat menerjang banjir di Simpang Mampang, Pancoranmas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Edi mengaku terjatuh di genangan banjir karena tidak mampu menguasai kendaraannya. Hal itu disebabkan ban motor yang dikendarainya tidak kuat menahan arus air.

"Saya terjatuh karena terbawa air, pakaian pada basah semua," tutur Edi.

"Gak ada yang luka, cuma baju yang saya pakai basah semua," sambungnya.

Edi sempat dibertahukan warga agar memutar balik kendaraan karena banjir. Karena banyak pengendara yang kendaraannya mogok akibat banjir.

2. Ketinggian banjir dari 40 sampai 50 sentimeter

Banjir Melanda Mampang Depok, Lalu Lintas TergangguSejumlah pengendara melintas di lokasi banjir Jalan Pramuka, Pancoranmas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sementara, Kapolsek Pancoranmas, Kompol Tri Harijadi mengatakan, banjir melanda hingga Kamis (30/11/2023) pukul 06.00 WIB. Namun selang beberapa waktu, air Kali Licin kembali meluap sehingga menggenangi Jalan Raya Pramuka dan Simpang Mampang.

"Sekitar pukul 08.00 WIB, air kembali meluap dengan ketinggian 40 sampai 50 sentimeter," ujar Tri Harijadi.

Banjir sempat menyebabkan kemacetan di simpang Mampang dari arah Depok menuju Sawangan maupun sebaliknya. Polsek Pancoranmas telah mengambil langkah dengan melakukan pengalihan jalan ke jalur alternatif.

“Alternatif jalan kita upayakan di simpang Poin Mas, termasuk Jalan Remaja yang mengarah ke Grogol Rangkepan Jaya,” ungkap Tri Harijadi.

Baca Juga: Dua Hari Diguyur Hujan, Depok Dilanda 21 Titik Longsor dan Banjir

3. Banjir disebabkan curah hujan tinggi

Banjir Melanda Mampang Depok, Lalu Lintas TergangguBanjir akibat luapan air Kali Licin yang menggenangi Simpang Mampang dan Jalan Raya Pramuka, Pancoranmas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Tri Harijadi menilai, banjir Simpang Mampang maupun Jalan Pramuka sering terjadi saat turun hujan dengan intensitas sedang hingga deras, baik saat hujan melanda Depok maupun banjir kiriman dari Bogor. 

“Kalau dari arah hulu sungai cukup tinggi curah hujannya, pasti akan naik di Simpang Mampang ini,” tutup Tri Harijadi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya