Bengkel Onderdil di Depok Kebakaran, Kerugian Capai Puluhan Juta

Diduga akibat ledakan tabung las

Depok, ID Times - Kebakaran melanda sebuah bengkel onderdil atau suku cadang di Ruko Ramanda, Kecamatan Beji, Kota Depok. Beruntung api berhasil dipadamkan sehingga tidak menyambar ke ruko lainnya.

Kabid Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Welman Naipospos, mengatakan, kebakaran tersebut terjadi saat para pegawai di salah satu ruko tersebut sedang bekerja. Saat para pekerja sedang melaksanakan pekerjaannya, mereka melihat api berasal dari salah satu toko onderdil.

"Iya, bengkel onderdil yang terbakar, petugas melakukan pemadaman di sana," ujar Welman saat dihubungi IDN Times, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: 50 Bacaleg PKS Depok Resmi Daftar ke KPUD Depok

1. Kerahkan petugas dan mobil pemadam kebakaran

Bengkel Onderdil di Depok Kebakaran, Kerugian Capai Puluhan JutaPetugas DPKP Kota Depok melakukan pemadaman di bengkel sparepart yang terbakar di ruko Ramanda, Kota Depok. (Istimewa)

Welman menuturkan, DPKP Kota Depok menurunkan 2 unit mobil pompa 3.500 liter dan 3.000 liter. Selain itu, terdapat 8 anggota yang menyiram area ruko yang terbakar.

"Ada 2 unit dan 8 anggota kita kerahkan untuk memadamkan api," tutur Welman.

Petugas DPKP Kota Depok pun berjibaku menjinakkan api untuk mencegah api menyambar ke ruko yang berada di sekitarnya. Petugas mengepung api dan berusaha memadamkan dengan melihat arah angin terlebih dahulu.

"Selain angin, kami mengamankan area yang mudah terbakar," terang Welman.

Baca Juga: Kebakaran di Perumahan Karang Bolong Ancol Diduga Akibat Korsleting

2. Kerugian mencapai Rp70 juta

Bengkel Onderdil di Depok Kebakaran, Kerugian Capai Puluhan JutaPetugas DPKP Kota Depok berusaha memadamkan ruko sparepart yang terbakar di kawasan ruko Ramanda, Kota Depok. (Istimewa)

Welman mengungkapkan, para petugas pemadam dibantu warga dan para pekerja di ruko berhasil memadamkan api. Petugas melakukan pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi api di area kebakaran.

"Hampir 90 menit api berhasil dipadamkan," kata Welman.

Welman menjelaskan, area ruko yang terbakar mencapai 48 meter persegi. Kebakaran diduga berasal dari tabung las. Kebakaran ini juga menimbulkan kerugian hingga puluhan juta.

"Kami memperkirakan kerugian mencapai Rp70 juta," jelas Welman.

Baca Juga: Wali Kota: Kota Depok Sudah Maju, Kita Jadikan Makin Maju Lagi

3. Diminta selalu waspada potensi kebakaran

Bengkel Onderdil di Depok Kebakaran, Kerugian Capai Puluhan JutaPetugas DPKP Kota Depok berusaha memadamkan api yang membakar bengkel sparepart di kawasan ruko Ramanda, Kota Depok. (Istimewa)

Welman pun meminta para pekerja untuk memastikan keamanan selama bekerja untuk mencegah terjadinya kebakaran. Kemudian masyarakat juga diminta waspada dan berhati-hati untuk mengantisipasi kebakaran.

"Selalu waspada dan pastikan selama bekerja tidak menimbulkan potensi bahaya kebakaran," ucap Welman.

Baca Juga: Kebakaran Malang Plaza, Pengelola Ngaku Rugi Rp55 Miliar 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya