Depok Dilanda Puting Beliung dan Hujan Es, Puluhan Rumah Warga Rusak

Mobil tertimpa pohon saat melintas di jalan

Depok, IDNTimes - Angin puting beliung hingga fenomena hujan es terjadi di Kota Depok, Jawa Barat, pada Minggu (15/5/2022) sore. Akibatnya, puluhan atap rumah warga hingga mobil rusak parah.

Tokoh masyarakat RW 8, Kelurahan Sawangan Baru, Endang Yahya mengatakan, hujan yang terjadi sejak pukul 15.30 WIB menyebabkan sejumlah rumah warga rusak. Selain itu, kanopi rumah warga terhempas angin puting beliung.

"Iya tadi angin puting beliung berbarengan dengan hujan deras di wilayah kami," ujar Endang saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: Pasca Puting Beliung 33 Rumah Warga Depok Rusak

1. Warga yang atap rumahnya rusak tetap bertahan di rumah mereka

Depok Dilanda Puting Beliung dan Hujan Es, Puluhan Rumah Warga RusakAngin puting beliung merusak rumah warga hingga menyebabkan mobil warga rusak di RW8 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (Istimewa)

Endang menuturkan, angin puting beliung menyebabkan rumah warga di lingkungan RW 8 rusak. Terutama rumah-rumah yang beratap asbes dan genting, tidak kuat menahan angin.

"Ada sekitar 10 rumah warga yang atapnya mengalami kerusakan," tutur Endang.

Tapi, kata Endang, warga yang atap rumahnya rusak lebih memilih bertahan di rumah mereka.

Selain rumah, satu mobil milik warga rusak karena tertimpa kanopi rumah. "Ada juga mobil dan motor yang tertimpa kanopi atau tenda rumahnya," ungkap Endang.

2. Mobil tertimpa pohon saat melintas di jalan

Depok Dilanda Puting Beliung dan Hujan Es, Puluhan Rumah Warga RusakKendaraan yang terparkir di bawah tenda rumah warga mengalami kerusakan di RW8, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (Istimewa)

Sementara itu, Kepala UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari, Munadi mengatakan, telah menerima laporan terkait pohon tumbang di wilayah Kelurahan Sawangan Baru dan Bedahan. Anggotanya berusaha mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga dan mobil.

"Iya anggota kami masih melakukan penanganan pohon tumbang di Sawangan Baru dan Bedahan," ujar Munadi.

Munadi menjelaskan, angin puting beliung menyebabkan pohon tumbang dan menimpa mobil yang sedang melintas di Jalan H Sulaiman, Kelurahan Bedahan. Beruntung pengendara mobil tersebut tidak mengalami luka berat akibat tertimpa pohon.

"Pengendara tidak mengalami luka berat, hanya mobilnya saja yang rusak," jelas Munadi.

3. Petugas masih berjibaku tangani rumah warga yang rusak

Depok Dilanda Puting Beliung dan Hujan Es, Puluhan Rumah Warga RusakIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Kabid Pengendalian Operasional pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, hujan deras dan angin puting beliung yang menyebabkan rumah warga rusak juga terjadi di Kelurahan Rangkapenjaya, Kecamatan Pancoran Mas. Welman menerima laporan, belasan rumah warga rusak.

"Ada 17 rumah warga yang rusak ringan dan berat akibat angin kencang saat hujan," kata Welman.

Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok masih terus menangani rumah warga yang rusak dan pohon tumbang. "Kami masih melakukan pengumpulan data, anggota kami masih berada di lapangan," ujar Welman.  

Baca Juga: Sekolah Ambruk di Depok Belum Diperbaiki, Padahal Kamis Siswa Masuk 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya