Depok Disebut Kota Berpolusi Terparah di Indonesia, Pemkot Buka Suara

DLHK Kota Depok klaim kerap uji emisi kendaraan 

Depok, IDN Times - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, Ety Suryahati angkat bicara soal pencemaran udara di Depok yang disebut-sebut paling parah di antara daerah lainnya di Indonesia.

Ety mengatakan penilaian polusi udara merupakan kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kementerian tersebut nantinya akan menilai kualitas udara suatu daerah, termasuk di Kota Depok.

"KLHK yang menilai menggunakan alat terkait polusi udara di Kota Depok," ujar Ety, Selasa (2/11/2021).

Diketahui, baru-baru ini Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra, menyebut Kota Depok memiliki tingkat pencemaran udara terparah di Indonesia, bahkan melebihi DKI Jakarta.

Baca Juga: Kabar Baik, 29 Kelurahan di Depok Catatkan Nol Kasus COVID-19

1. Kualitas udara di Kota Depok katagori baik

Depok Disebut Kota Berpolusi Terparah di Indonesia, Pemkot Buka SuaraSeorang warga sedang berjalan kaki di trotoar Jalan Raya Margonda, Kota Depok (IDN Times/Dicky)

Ety mengungkapkan, KLHK sudah melakukan uji kualitas udara untuk mengetahui tingkat kualitas udara di Kota Depok. Bahkan, KLHK sudah meletakkan alat untuk mengukur udara di Depok menggunakan alat Air Quality Monitoring System (AQMS).

"AQMS ini yang dipakai standarnya dan hasilnya baik," kata dia.

Ety menjelaskan, alat AQMS milik KLHK sudah terpasang di Balai Kota Depok, yang dapat mendeteksi kualitas udara. Selain itu, DLHK Kota Depok rutin melakukan pengujian kualitas udara untuk mengetahui kondisi dan situasi terkini kualitas udara di Depok.

"Alat ada di Balai Kota Depok karena di situ pusat pergerakan kendaraan dan lain-lainnya," ungkap dia. 

2. Kendaraan menjadi penyumbang polusi udara

Depok Disebut Kota Berpolusi Terparah di Indonesia, Pemkot Buka SuaraPetugas Uji KIR melakukan pengecekan kendaraan yang ingin memperpanjang Uji KIR di Dishub Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Ety mengungkapkan, salah satu penyumbang polusi udara di Kota Depok berasal dari kendaraan masyarakat sebagai transportasi. Untuk mengurangi polusi udara, DLHK Kota Depok rutin mengadakan uji emisi kendaraan, baik di Balai Kota Depok maupun sejumlah lokasi lainnya.

"Sumbernya dari kendaraan yang terbesar, makanya kita selalu melaksanakan uji emisi," ucap dia.

Ety menerangkan, dalam waktu dekat DLHK Kota Depok akan melakukan uji emisi di sejumlah lokasi. Namun, ia belum merinci jumlah kendaraan yang sudah uji emisi dan rencana lokasi uji emisi kendaraan.

"Rencananya pada 16 (November) ini akan diadakan lagi, kita sudah melakukan kegiatan uji emisi kendaraan sebanyak enam kali dari awal tahun hingga saat ini," ucap dia.

3. Wamen ATR/BPN sebut Kota Depok memiliki polusi udara terparah

Depok Disebut Kota Berpolusi Terparah di Indonesia, Pemkot Buka SuaraWamen ATR/BPN, Surya Tjandra saat melakukan kunjungan ke Kota Depok. (Istimewa)

Sebelumnya, pada lawatannya ke Kota Depok, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN, Surya Tjandra, mengatakan Kota Depok punya masalah polusi tertinggi di Indonesia. Ia menilai polusi di Depok lebih parah dari DKI Jakarta.

"Bahkan lebih parah dari DKI Jakarta, dimana penjelasannya kita ingin diskusi dengan pak Wali juga, barangkali perlu pendekatan tata ruang yang lebih rapih dimana koordinasi di lintas kementerian," ujar Surya, Depok, Senin (2/11/2021).

Surya mengaku mendapatkan informasi terjadi kemacetan di sejumlah pintu tol di Kota Depok. Dia juga berencana mencarikan solusi terkait emisi kendaraan untuk dikelola lebih baik dengan bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI). Menurutnya, UI jangan hanya berlokasi di Kota Depok namun harus memberikan  kontribusi untuk Depok. 

"Abis ini saya mau ke UI juga, UI bisa bantu apa di Depok, jangan hanya berlokasi di Depok tapi kontribusi buat Depok-nya apa. Kebetulan saya alumni UI jadi boleh nanya gitu, ya. Nanti mau ketemu dengan teman-teman fakultas hukum," ungkap Surya.

4. Akan dilakukan revisi tata ruang daerah

Depok Disebut Kota Berpolusi Terparah di Indonesia, Pemkot Buka SuaraIlustrasi Kota Depok (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Surya akan mencari tahu penyebab dan solusi terbaik polusi di Kota Depok. Namun, Depok merupakan bagian dari Inpres Jabodetabek Munjur yang melibatkan tiga provinsi, kabupaten, dan kota, serta DKI Jakarta.

"Yang polusi itu karena apa? Gak jelas, kita justru ingin tahu, apa penjelasannya, nanti solusinya ketahuan," ucap dia.

Surya menambahkan, Kementerian ATR/BPN akan berkoordinasi dengan Kota Depok salah satunya terkait tata ruang. Segala permasalahan di Depok seperti penyelamatkan situ maupun jalur sungai berkoordinasi dengan Kementerian ATR/BPN.

"Ini yang harus kita cek. Sekarang masih dalam revisi rencana tata ruang daerah dan itu kesempatan untuk mendata," pungkas Surya.

Baca Juga: Diduga Terlilit Pinjol, Warga di Depok Nekat Gantung Diri

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya