Dishub Depok Temukan Sejumlah Bus Gagal Ramp Check Jelang Mudik Lebaran

Sediakan mudik gratis untuk warga Depok

Depok, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Depok bergerak cepat dalam menyikapi mudik lebaran 2022. Untuk memastikan kelayakan bus yang digunakan pemudik, Dishub Kota Depok melakukan pengecekan fisik maupun surat kendaraan (Ramp Check) di Terminal Tipe A Jatijajar, Kota Depok.

Kepala Dishub Kota Depok, Eko Herwiyanto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait kesiapan angkutan transportasi menjelang mudik Idul Fitri 2022. Dishub Kota Depok telah melakukan ramp check terhadap armada bus di terminal Jatijajar Depok.

"Sebanyak 180 armada bus kami lakukan ramp check dan ditemukan beberapa bus harus melengkapi atau memenuhi persyaratan ramp check," ujar Eko saat dihubungi IDN Times, Senin (18/4/2022).

1. Diminta melengkapi kelengkapan kendaraan

Dishub Depok Temukan Sejumlah Bus Gagal Ramp Check Jelang Mudik LebaranIDN Times/Marisa Safitri

Eko mengungkapkan, pelaksanaan ramp check telah dilaksanakan sejak awal Ramadan hingga 14 April 2022. Dari sejumlah bus yang ditemukan kurang lengkap dalam pemenuhan ramp check, telah diminta melengkapi kelengkapannya.

"Ada beberapa bus yang harus melengkapi kelengkapannya seperti pergantian spion yang pecah maupun alat kelengkapan di dalam bus," ungkap Eko.

Nantinya, bus yang diminta untuk melengkapi kelengkapan kendaraan, akan dilakukan pengecekan kembali. Pengecekan akan dilaksanakan sebelum arus mudik lebaran atau H-7 mudik lebaran.

"Pihak terminal yang akan melakukan pengecekan ulang sebelum bus diberangkatkan ke kota tujuan pemudik," ucap Eko.

Baca Juga: [BREAKING] Menkes: Anak Mau Mudik Tak Perlu Vaksin Booster dan Tes COVID-19

2. Sediakan bus gratis pemudik

Dishub Depok Temukan Sejumlah Bus Gagal Ramp Check Jelang Mudik LebaranSejumlah penumpang memanfaatkan Terminal Jatijajar Kota Depok, sebagai salah satu sarana penunjang transportasi antar kota dan antar provinsi. (IDNTimes/Dicky)

Eko menjelaskan, selain membantu Kemenhub dalam kesiapan arus mudik lebaran dalam sisi kesiapan bus, Dishub Kota Depok membantu mensosialisasikan mudik gratis. Dishub Kota Depok telah mensosialisasikan mudik gratis kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik.

"Sosialisasi sudah kami lakukan dengan pemasangan banner di sejumlah titik sarana publik," jelas Eko.

Penyediaan sarana mudik gratis sebagai upaya mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, baik motor mupun mobil. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kemacetan pada saat mudik lebaran maupun mengurangi angka kecelakaan.

"Untuk Kota Depok disediakan 48 armada bus," terang Eko.

3. Harus melengkapi vaksinasi dan menyertakan dokumen kependudukan

Dishub Depok Temukan Sejumlah Bus Gagal Ramp Check Jelang Mudik LebaranIlsutrasi mudik gratis. IDN Times/Dini Suciatiningrum

Eko menuturkan, masyarakat Kota Depok yang ingin memanfaatkan mudik gratis, dapat mendaftarkan diri melalui website Kemenhub yakni mudikgratis.debhub.go.id. Melalui link tersebut pemohon dapat mendaftarkan diri dengan dilampirkan dokumen kependudukan.

"Pendaftaran sudah dibuka mulai hari ini hingga batas waktu yang ditentukan dari Kemenhub," tutur Eko.

Selain melengkapi dokumen kependudukan, masyarakat yang terdaftar sudah mendapatkan vaksinasi lengkap hingga dosis ketiga. Pemohon yang telah mendaftar dapat melakukan pengecekan validasi tiket di Terminal Terpadu Depok.

"Nantinya pemohon mudik gratis yang sudah terdaftar akan diberangkatkan pada 28 April di Terminal Jatijajar," kata Eko.

Baca Juga: Depok Rayakan Hari Jadi ke-23, Pengusaha Ritel Diminta Beri Diskon

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya