Comscore Tracker

Hari Lebaran, Puluhan Lapak Dekat Pasar Kemirimuka Depok Kebakaran

Lapak terbakar tak di bawah naungan UPT Pasar Kemirimuka

Depok, IDN Times - Si Jago merah mengamuk dan membakar puluhan lapak pedagang yang berada di dekat UPT Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok. Kebakaran yang terjadi sejak 18.00 WIB, hingga kini masih dilakukan pemadaman dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.

Salah seorang pedagang, Januar mengatakan, kebakaran membuat panik warga dan para pedagang yang berada di lokasi. Sejumlah warga berusaha membantu melakukan pemadaman api untuk mencegah meluasnya kebakaran.

"Penyebab awal saya tidak tahu, saya melihat api sudah membesar dan membakar beberapa lapak pedagang," ujar Januar kepada IDN Times, Senin (2/5/2022).

1. Dalam pemadaman Dinas Damkar Depok

Hari Lebaran, Puluhan Lapak Dekat Pasar Kemirimuka Depok KebakaranApi yang membakar lapak pedagang di dekat Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok. (Istimewa)

Januar mengungkapkan, api cepat membesar karena material lapak pedagang yang terbakar, terbuat dari bahan kayu dan terpal yang terpasang. Salah seorang pedagang berusaha meminta pertolongan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.

"Petugas pemadam sudah datang dan langsung memadamkan api dibantu dengan turunnya hujan," kata Januar.

Januar belum mengetahui secara pasti pedagang apa saja yang lapaknya terbakar, hingga kini masih dilakukan pemadaman. Pihaknya memperkirakan terdapat puluhan lapak pedagang yang hangus terbakar api.

"Belum tau juga lapak apa saja, tapi kayaknya ada puluhan lapak yang terbakar," ujar Januar lagi.

2. Lokasi lapak yang terbakar berada di luar area Pasar Kemirimuka

Hari Lebaran, Puluhan Lapak Dekat Pasar Kemirimuka Depok KebakaranApi yang membakar lapak pedagang di dekat Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok.(istimewa)

Sementara, Kasubag TU Pasar Kemirimuka, Budi Setiyanto mengatakan, lapak pedagang yang terbakar bukan berada di bawah naungan UPT Pasar Kemirimuka. Lapak tersebut berada tidak jauh dari lokasi Pasar Kemirimuka yang dikelola pihak lain.

"Lapak yang terbakar itu bukan berada di area Pasar Kemirimuka, tapi memang berdekatan dengan area pasar," kata Budi.

Budi menuturkan, lapak pedagang yang terbakar merupakan pedagang liar yang sebelumnya direncanakan akan ditertibkan Satpol PP Kota Depok. Untuk itu, pihaknya tidak mengetahui secara pasti penyebab dan jumlah lapak pedagang yang terbakar.

"Informasi yang kami terima lokasi yang terbakar belum mendekati area Pasar Kemirimuka," ujar Budi. 

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya