Hujan Deras Sebabkan Rumah Warga di Baktijaya Depok Longsor

Longsor akibat saluran air tersumbat sampah

Depok, IDN Times - Hujan deras mengguyur di wilayah Kota Depok sejak Sabtu (10/9/2022) siang hingga sore. Hal itu menyebabkan musibah tanah longsor dan mengakibatkan satu rumah rusak di RW 20, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

Lurah Baktijaya, Fajar Mei Hendri membenarkan peristiwa longsor tanah di RT 9/RW 20 yang terjadi kemarin. Kejadian tersebut telah ditindaklanjuti pihak kelurahan dan dilaporkan kepada dinas terkait untuk dilakukan penanganan sementara.

"Ya sudah kami tindak lanjuti dan tadi siang kami mendatangi rumah korban yakni milik Cecep Syarifudin," ujar Fajar kepada IDN Times, Minggu (11/9/2022).

1. Longsor menjebol dinding bagian dapur rumah

Hujan Deras Sebabkan Rumah Warga di Baktijaya Depok LongsorLurah Baktijaya, Fajar Mei Hendri saat mendatangi lokasi longsor tanah yang mengenai rumah milik Cecep Syarifudin di RT9/20, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. (Istimewa)

Fajar menuturkan, peristiwa longsor terjadi pada Sabtu (10/9/2022) sekitar pukul 18.45 WIB. Saat hujan deras saluran air lingkungan dekat rumah korban tidak berfungsi dengan normal diakibatkan tersumbat sampah dan sehingga air meluap.

"Akibat saluran air tersumbat sehingga air keluar dan mendorong tanah sehingga terjadi longsor," tutur Fajar.

Dorongan tanah yang menyebabkan longsor mengenai rumah milik Cecep pada bagian dinding belakang rumah. Akibat tekanan longsor membuat dinding yang berbatasan langsung dengan dapur tidak kuat menahan dorongan longsong sehingga dinding tersebut jebol.

"Jebolnya membuat lubang dengan diameter sekitar tiga meter, tanah dan sampah akhirnya masuk ke rumah melalui dinding yang jebol," terang Fajar.

Baca Juga: Besaran Tarif Angkot Baru di Depok Pasca Harga BBM Naik

2. Tidak ada korban jiwa maupun luka

Hujan Deras Sebabkan Rumah Warga di Baktijaya Depok LongsorLurah Baktijaya, Fajar menemui korban yang rumahnya rusak akibat longsor di RW20, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. (Istimewa)

Fajar memastikan pada kejadian tanah longsor dan menyebabkan satu rumah rusak tidak ada korban jiwa maupun luka. Hal itu dikarenakan Cecep tinggal sendiri sedangkan anaknya sudah memiliki rumah tidak jauh dari rumahnya.

"Pak Cecep ini memang tinggal sendiri, istrinya sudah meninggal dan anaknya tidak menetap satu rumah dengan beliau," ucap Fajar.

Pada saat kejadian, Cecep hendak melaksanakan salat Magrib dan mengambil wudu di kamar mandi. Beruntung dinding rumah yang jebol berada di samping atau tepatnya di dapur sehingga tanah dan sampah yang masuk ke dalam rumah tidak mengenainya.

"Karena posisinya berbeda maka Cecep tidak terkena imbas dari tanah longsor yang masuk ke dalam rumahnya," kata Fajar.

3. Diberikan bantuan pangan sementara

Hujan Deras Sebabkan Rumah Warga di Baktijaya Depok LongsorBantuan pangan sementara diberikan kepada korban imbas tanah longsor di RW20, kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. (Istimewa)

Fajar mengatakan, peristiwa longsor sudah mendapatkan bantuan penanganan sementara dari warga sekitar dan Tagana. Tanah beserta sampah yang masuk ke dalam rumah sudah dilakukan pembersihan.

"Bantuan pangan sementara telah diberikan melalui Tagana Dinas Sosial Kota Depok," kata Fajar.

Fajar mengingatkan, tidak membuang sampah ke dalam saluran air untuk mencegah penyumbatan saluran. Selain itu, mengingat intensitas hujan yang sudah terjadi beberapa hari, masyarakat diharapkan memperhatikan dan mencegah terjadinya potensi bencana.

"Saluran air diperhatikan untuk mencegah banjir, batang pohon yang beresiko diharapkan dapat dipangkas," ujar Fajar.

Baca Juga: Bawaslu Depok Buka Suara soal Dugaan Korupsi Dana Hibah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya