Kali Licin Meluap Lagi, Jalan Raya  Sawangan Depok Macet Panjang

Kali Licin meluap akibat sampah menyumbat jembatan

Depok, IDN Times - Banjir akibat luapan air Kali Licin, menyebabkan genangan di Perempatan Mampang, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Banjir menyebabkan kemacetan panjang di jalan raya Sawangan dan Jalan Pramuka.

Salah seorang warga, Dedi Saputra (35), mengatakan banjir di perempatan Mampang merupakan permasalahan yang sering terjadi. Penyebab banjir berasal dari luapan Kali Licin karena terjadi penumpukan sampah di bawah jembatan.

“Awal banjir kemarin malam dan pagi ini sehingga menyebabkan macet,” ujar Dedi saat ditemui IDN Times, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: Lansia di Depok Pingsan Usai Dievakuasi dari Banjir

1. Warga berupaya bersihkan sampah di bawah jembatan

Kali Licin Meluap Lagi, Jalan Raya  Sawangan Depok Macet PanjangBanjir di perempatan Mampang menyebabkan kemacetan di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dedi menuturkan, ketinggian air kisaran 20 sampai 30 sentimeter. Akibat banjir, sejumlah pengendara memperlambat kendaraanya saat melintasi banjir di jalan raya Sawangan, hingga terjadi antrean kendaraan.

Beberapa warga di sekitar perempatan Mampang berusaha memberishkan sampah yang berada di bawah jembatan. Namun karena keterbatasan alat, upaya warga tidak terlalu membuahkan hasil untuk memperlancar aliran air Kali Licin.

“Kita juga takut mau ke kolong jembatan, karena kami hanya menggunakan golok dan kayu panjang,” ujar Dedi.

2. Kemacetan mencapai 1 kilometer

Kali Licin Meluap Lagi, Jalan Raya  Sawangan Depok Macet PanjangPetugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mencoba menarik sampah di Kali Licin, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dedi mengungkapkan, akibat banjir di jalan raya Sawangan, baik dari arah Sawangan menuju Margonda maupun sebaliknya. Sejumlah warga dibantu kepolisian dan TNI mengatur lalu lintas.

“Masih ada saja pengendara yang tidak sabar ingin saling mendahului,” ungkapnya.

Dedi menjelaskan, kamacetan diperkirakan mencapai satu kilometer dari arah Sawangan menuju Margonda, mulai dari ke luar pintu Tol Sawangan hingga perempatan Mampang. Sedangkan dari arah Margonda menuju Sawangan kemacetan mulai dari tanjakan Cakra Buana hingga perempatan Mampang.

“Kayaknya ada satu kilometer macetnya, panjang juga soalnya, tadi juga ada motor mogok kena banjir,” kata Dedi.

Baca Juga: Tumpukan Sampah Stirofoam Sumbat Aliran Kali Licin Depok, Warga Resah

3. Banjir Mampang jadi permasalahan klasik

Kali Licin Meluap Lagi, Jalan Raya  Sawangan Depok Macet PanjangPetugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok membantu pembersihan Kali Licin, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sementara, Lurah Mampang, Darmawansyah mengatakan, banjir luapan air Kali Licin yang menggenangi jalan raya Sawangan dan jalan raya Pramuka, merupakan permasalahan klasik. Banjir akibat pembuangan sampah sembarangan mulai sampah rumah tangga hingga batang pohon berukuran besar.

“Yaitu sampah yang dibuang selain rumah tangga sampai batang pohon sehingga menyangkut di bawah jembatan dan menahan jalannya air,” ujar Darmawansyah.

Darmawansyah menyakini sampah yang menyumbat di bawah jembatan berasal dari wilayah hulu yang terbawa ke hilir, yakni di wilayah Kelurahan Mampang. Pihaknya telah meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, untuk membantu penanganan banjir di Kali Licin.

“Sudah ada mobil DLHK yang mengangkut sampah dari aliran Kali Licin,” tutup Darmawansyah.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya