Kebakaran RS Hermina Depok Berasal dari Dapur

Pasien rumah sakit Hermina harus dievakuasi

Depok, IDN Times - Titik utama kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit Hermina, Depok, Sabtu malam (22/7/2023), telah diketahui. Api ternyata muncul dari bagian dapur rumah sakit.

Danru Pos Kembang Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Bayu mengatakan, DPKP Kota Depok mendapatkan laporan sekitar pukul 21.50 WIB. Laporan menyebutkan kalau ada api yang membakar lantai lima di sebuah sudut rumah sakit.

"Kebakaran di lantai lima ruangan dapur rumah sakit," ujar Bayu kepada IDN Times

1. Api menjalar lewat exhaust fan

Kebakaran RS Hermina Depok Berasal dari DapurSejumlah mobil DPKP Kota Depok terparkir di depan RS Hermina untuk memadamkan api dilantai lima RS Hermina Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kebakaran bermula saat pegawai rumah sakit sedang memasak demi kebutuhan pasien. Tiba-tiba, api membesar dan berusaha dipadamkan pegawai. Sialnya, api malah menjalar lewat exhaust fan yang ada di langit-langit ruangan.

"Kami sudah cek hanya bagian dapur yang terbakar," tutur Bayu.

Secara detail, penyebab pasti mengapa api bisa membesar belum diketahui. DPKP Depok menyerahkan hal tersebut ke pihak rumah sakit.

Baca Juga: Kebakaran RS Hermina Depok, Pasien Sempat Dievakuasi ke Halaman

2. Sprinkler rumah sakit berfungsi

Kebakaran RS Hermina Depok Berasal dari DapurMobil DPKP Kota Depok bersiaga untuk memadamkan api yang membakar lantai lima RS Hermina Depok, Pancoran Mas, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sesuai dengan standar, seharusnya sprinkler secara otomatis bekerja ketika kebakaran terjadi. Bayu memastikan sprinkler di dapur berfungsi. Namun, air pada sprinkler pecah.

Dengan kondisi tersebut, DPKP Depok harus memadamkan dan mendinginkan api di area dapur sekitar satu jam. Meski sudah dilakukan penanganan, dapur RS Hermina hangus.

"Sprinkler nya berfungsi, gedung aman. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk pemadaman dan pendingin api di area dapur RS Hermina Depok," ujar Bayu.

3. Akses sempat bentrok

Kebakaran RS Hermina Depok Berasal dari DapurSejumlah pasien di evakuasi saat kebakaran terjadi di RS Hermina Depok, Jalan Raya Siliwangi, Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Tak ada korban jiwa atau luka-luka dari kejadian ini. Pasien yang dirawat langsung dievakuasi saat insiden terjadi. Hanya saja, sempat terjadi masalah pada akses, lantaran petugas masuk ke lokasi kejadian bersamaan dengan evakuasi pasien.

"Kami sempat bantu evakuasi pasien. Memang ada kendala, saat petugas masuk, bersamaan dengan pasien yang dibawa ke luar ruangan, itu saja," ujar Bayu.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya