Kebakaran SDN Duren Seribu 4 Depok, Ruang Kepala Sekolah-UKS Hangus 

Kebakaran diduga karena korsleting listrik

Depok, IDN Times - Peristiwa kebakaran terjadi di SDN Duren Seribu 4, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Kebakaran yang terjadi pada Minggu (13/8/2023) dini hari, menghanguskan ruangan kepala sekolah (kepsek) dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SDN Duren Seribu 4.

Ketua LPM Kelurahan Duren  Seribu, Lukmanul Hakim mengatakan, kebakaran SDN Duren Seribu 4 terjadi sekitar pukul 00.30 WIB, saat dia sedang ronda bersama warga lainnya. Mengetahui peristiwa tersebut, dia langsung mendatangi lokasi melihat api sudah membesar membakar ruangan di sekolah tersebut.

"Ruangan yang terbakar yakni ruangan kepala sekolah dan UKS karena satu atap," ujar pria yang kerap disapa Japet kepada IDN Times, Minggu (13/8/2023).

Baca Juga: Kebakaran Meluas, Dua Jalur Pendakian Gunung Rinjani Lombok Ditutup

1. Dua unit mobil pompa pemadam dan delapan personel dikerahkan

Kebakaran SDN Duren Seribu 4 Depok, Ruang Kepala Sekolah-UKS Hangus Petugas UPTD Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari berhasil memadamkan api yang membakar gedung SDN Duren Seribu 4, Bojongsari, Kota Depok. (Istimewa)

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Welman Naipospos membenarkan peristiwa kebakaran itu. Usai mendapatkan laporan, DPKP Kota Depok mendatangi lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

“Kebakaran di SD Duren Seribu 4, ruangan kepala sekolah yang terbakar,” ujar Welman saat dihubungi IDN Times, Minggu (13/8/2023).

Welman menuturkan, DPKP Kota depok mengerahkan UPTD Pemadam Kebakaran dan Penyelamatkan Bojongsari membantu pemadaman api. Sebanyak dua unit mobil pompa air 1.000 liter dan 8.000 liter juga delapan anggota diturunkan membantu proses pemadaman api.

“Saat sampai di sana api masih menyala dan membumbung cukup tinggi, kami langsung bergegas memadamkan api,” tutur Welman.

2. Luas area terbakar 80 meter persegi dan tidak ada korban

Kebakaran SDN Duren Seribu 4 Depok, Ruang Kepala Sekolah-UKS Hangus Anggota Polsek Bojongsari mendatangi lokasi kebakaran SDN Duren Seribu 4, Bojongsari, Kota Depok. (Istimewa)

Welman menjelaskan, lokasi area yang terbakar memiliki luas sekitar 80 meter persegi. Diduga kebakaran akibat korsleting listrik. Petugas berhasil mencegah api untuk tidak merambat ke ruangan belajar siswa maupun ruangan lainnya.

"Dugaan sementara karena korsleting listrik yang berasal dari ruangan kepala sekolah," jelas Welman.

Welman menambahkan, kebakaran di SDN Duren Seribu 4 tidak ada korban jiwa maupun luka, dikarenakan sekolah sudah tidak ada aktivitas seperti belajar mengajar. Aktivitas belajar dan mengajar dilaksanakan sejak pagi hingga siang hari dan kebakaran terjadi pada malam hari.

“Beruntung sudah tidak ada aktivitas belajar mengajar, karena sudah larut malam,” ungkap Welman.

3. Disdik Kota Depok membenarkan peristiwa kebakaran sekolah dasar

Kebakaran SDN Duren Seribu 4 Depok, Ruang Kepala Sekolah-UKS Hangus Gapura SDN Duren Seribu 4, Bojongsari, Kota Depok, sempat mengalami kebakaran pada Minggu (13/8/2023) dini hari. (Istimewa)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah juga membenarkan SDN Duren Seribu 4 mengalami kebakaran. Namun, pihaknya tidak mengetahui pasti penyebab kebakaran dan ruangan mana saja yang terbakar di sekolah tersebut.

“Ya terjadi kebakaran di SDN Duser 4, untuk keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi Tim Damkar dan atau Kabid Sarpras Disdik,” ujar Siti.

Baca Juga: Lift Hotel di Depok Terganggu, Ada Pejabat Terjebak

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya