Comscore Tracker

KPU Depok Tetapkan Idris-Imam Wali Kota-Wakil Wali Kota pada 2021-2026

KPU Kota Depok sempat menunda penetapan Pilkada

Depok, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok telah melakukan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Pilkada Kota Depok 2020. Pasangan Mohammad Idris bersama Imam Budi Hartono ditetapkan sebagai pasangan Wali dan Wakil Wali Kota Depok terpilih.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Sobarna mengatakan, KPU Kota Depok telah melakukan rapat pleno terbuka penatapan pasangan calon terpilih yakni, Idris-Imam mejadi Wali dan Wakil Wali Kota Depok. Rapat pleno tersebut disaksikan dari kedua paslon yakni Idris-Imam dan Pradi-Afifah dan para pendukung partai politik dan stakeholder.

"Kami sudah melakukan penetapan pasangan Idris-Imam sebagai Wali dan Wakil Wali Kota Depok pada Pilkada Kota Depok yang diselenggarakan 9 Desember 2020," ujar Nana, Kamis (21/1/2021). 

1. Mengapresasi dukungan menyukseskan Pilkada

KPU Depok Tetapkan Idris-Imam Wali Kota-Wakil Wali Kota pada 2021-2026Ketua KPU Kota Depok, Nana Sobarna bersama Ketua Bawaslu Kota Depok, usai menyaksikan apel kesiapan pengamanan Pilkada Kota Depok, Selasa (8/12/2020) (IDN Times/Dicky)

Nana mengungkapkan, KPU Kota Depok telah menyelesaikan semua agenda pelaksanaan Pilkada Kota Depok, mulai dari awal hingga penetapan paslon Wali dan Wakil Wali Kota Depok. Nana mengapresiasi kepada seluruh Forkopimda, stake holder, dan jajaran KPU yang telah membantu menyukseskan Pilkada Kota Depok.

"Kami bersyukur Pilkada Kota Depok dapat berjalan dengan lancar dan kondusif," terang Nana.

Nana menuturkan, hasil dari rapat pleno penetapan Wali dan Wakil Wali Kota Depok terpilih akan disampaikan ke DPRD Kota Depok. Nantinya, akan diteruskan usulan pengesahan pelantikan Wali dan Wakil Wali Kota Depok terpilih pada Pilkada.

2. Idris-Imam akan berusaha menjadi pemimpin yang adil

KPU Depok Tetapkan Idris-Imam Wali Kota-Wakil Wali Kota pada 2021-2026KPU Kota Depok melakukan rapat pleno penetapan hasil Pilkada Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata. (IDNTimes/Dicky)

Mohammad Idris mengatakan, mengapresiasi kepada pemimpin partai pengusung dan relawan Idris-Imam telah mengantarkan kemenangan bagi Kota Depok. Menurutnya kemenangan Idris-Imam merupakan kemenangan ikhtiar bersama mewujudkan harapan dan cita-cita warga Kota Depok.

"Kami akan di sumpah jabatan untuk menjadi pemimpin yang seadil-adilnya untuk semua tanpa tanpa membedakan ras, agama, dan golongan apapun serta tanpa membedakan pendukung atau bukan pendukung, pemilih atau bukan pemilih," ujar Idris.

Idris mengungkapkan, akan menggandeng seluruh masyarakat maupun stakeholder melanjutkan pembangunan Kota Depok yang lebih maju, berbudaya, dan sejahtera. Menurutnya, untuk mencapai tujuan tersebut Pemerintah Kota Depok tidak dapat melakukan pekerjaan dengan sendiri, sehingga dibutuhkan kolaborasi bersama.

3. Idris minta pendukung tidak euforia

KPU Depok Tetapkan Idris-Imam Wali Kota-Wakil Wali Kota pada 2021-2026Mohammad Idris saat memasukan surat suaranya ke dalam kotak suara yang disediakan KPPS di TPS 14, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Rabu (9/12/2020) (IDN Times/Dicky)

Idris menuturkan, setelah penetapan Wali dan Wakil Wali Kota Depok terpilih yang dilaksanakan KPU, dirinya meminta pendukung Idris-Imam tidak melakukan euforia. Idris mengajak para pendukung untuk memperbanyak berdoa di tengah Pandemi COVID-19 yang terjadi di Kota Depok.

"Kita mengisi kemenangan ini dengan memperbanyak doa terlebih pandemi COVID-19 belum usai. Musibah bencana alam menimpa saudara kita di beberapa daerah," pungkas Idris.

Pasangan Idris Imam pada Pilkada Kota Depok 9 Desember 2020, berhasil mengumpulkan suara sebayak 415.657 suara atau 55,54 persen. Pasangan Pradi-Afifah yang menjadi lawannya hanya mengumpulkan 332.689 suara atau 44,46 persen suara. Padahal pasangan Pradi-Afifah di dukung koalisi gemuk.

Sejumlah partai besar seperti PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKB, PAN, PSI, dan sejumlah partai non parlemen memberikan kekuatan untuk Pradi-Afifah. Pasangan Idris-Imam hanya mendapatkan dukungan dari Partai PKS, PPP, Demokrat, dan Berkarya. 

Baca Juga: Depok Terendah dalam Jaga Jarak, Idris Minta Klarifikasi Ridwan Kamil

Topic:

  • Dicky
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya