Kuota Program Mudik Gratis Depok Ludes Diserbu Pemudik

Peserta diminta melengkapi persyaratan dan telah divaksin

Depok, IDN Times - Program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan diserbu para pemudik. Kuota untuk wilayah Kota Depok saja telah habis diserbu warga sejak 21 April.

"Kuota untuk mudik gratis wilayah Kota Depok telah habis sejak 21 April kemarin," ujar Kepala UPT Terminal Terpadu Kota Depok Ari Andromeda kepada IDN Times, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga: Laris Manis, Kuota Mudik Gratis Dishub DKI Jakarta Sudah Habis

1. Tiket yang tercetak sebanyak 1.706

Kuota Program Mudik Gratis Depok Ludes Diserbu PemudikKepala UPT Terminal Terpadu Depok, Ari Andromeda saat dikonfirmasi di Terminal Terpadu Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Andromeda menuturkan, pendaftaran mudik gratis Kemenhub dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama pada 9 April namun pada 12 April kuota telah habis.

"Lalu dibuka kembali pendaftaran tahap kedua pada 18 April lalu pada 21 April kemarin telah habis kuotanya," tutur Andromeda.

Untuk validasi tiket keberangkatan pada tahap pertama telah tercetak sebanyak 1.470 tiket. Sedangkan pada tahap kedua validasi tiket sudah tercetak sebanyak 236 tiket dari 1.080 tiket untuk wilayah Depok.

"Jadi total tiket yang sudah divalidasi dan tercetak hingga hari ini sebanyak 1.706 tiket dan yang belum divalidasi sebanyak 844 tiket," ucap Andromeda.

2. Untuk validasi harus membawa syarat-syarat berikut

Kuota Program Mudik Gratis Depok Ludes Diserbu PemudikPeserta mudik gratis menerima validasi tiket di UPT Terminal Terpadu Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Andromeda mengungkapkan, para peserta yang telah mendaftar online diminta untuk segera melakukan validasi tiket. Pembukaan validasi tiket mudik gratis berlangsung 26 April atau sebelum pemberangkatan mudik gratis.

"Nantinya para peserta mudik gratis akan diberangkatkan dari Terminal Jatijajar pada 28 April pada pukul 10.00 WIB," ungkap Andromeda.

Dia menjelaskan, untuk validasi tiket keberangkatan pemudik harus membawa fotocopy dokumen kependudukan, fotocopy surat vaksin, dan print kode barcode.

"Nantinya persyaratan tersebut diserahkan saat validasi dan persyaratan yang dinyatakan lengkap akan diberikan tiket keberangkatan," jelas Andromeda.   

3. Diberangkatkan ke 14 kota di Jawa Tengah dan 2 di Jawa Timur

Kuota Program Mudik Gratis Depok Ludes Diserbu PemudikPara peserta mudik gratis saat melakukan validasi di UPT Terminal Terpadu Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Para peserta mudik gratis nantinya akan diberangkatkan ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada tahap pertama, ke 14 kota di Jawa Tengah seperti Tegal, Semarang, Wonogiri, Kudus, Demak, Boyolali, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Kebumen, Magelang, Wonosari, Wonosobo, dan Klaten.

"Sedangkan pada pendaftaran tahap kedua ditambahkan wilayah Jawa Timur untuk tujuan Surabaya dan Madiun," terang Andromeda.

Menurut Andromeda, untuk pemberangkatan arus balik hanya disediakan di beberapa kota di Jawa Tengah yakni Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Semarang, dan Purwokerto.

"Pemberangkatan arus balik dimulai pada 8 Mei 2022 dengan ketentuan yang telah ditetapkan Kementerian Perhubungan," ujar Andromeda.

Baca Juga: Cara Daftar Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut, Catat! 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya