Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Religi Andalan di Depok

Masjid dibangun sejak 2001 dengan luas lahan 50 ribu meter

Depok, IDN Times – Siapa yang tidak mengenal masjid kubah emas atau masjid Dian Al Mahri? Masjid yang berada di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok ini menjadi salah satu wisata religi andalan di Kota Depok.

Baca Juga: 4 Cara ke Masjid Al Jabbar dengan Naik Transportasi Umum

1. Luas bangunan masjid kubah emas mencapai 8 ribu meter persegi

Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Religi Andalan di DepokSalah satu sudut bagunan Masjid Kubah Emas yang berada di Jalan Raya Meruyung, Limo, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Berdasarkan data yang dihimpun IDN Times, Masjid Kubah Emas memiliki sejumlah kandungan emas yang terletak di bagian kubah masjid.

Terdapat lima kubah yang dibangun di atas masjid dengan luas 8 ribu meter persegi, sedangkan luas secara keseluruhan mencapai 50 ribu meter persegi.

Baca Juga: 5 Fakta Masjid Al-Markaz Al-Islami, Masjid Terbesar di Makassar

2. Terdapat tiga teknik pemasangan emas

Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Religi Andalan di DepokSalah satu sudut bagian dalam Masjid Kubah Emas, Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Penempatan emas tidak sembarangan dilakukan di Masjid Kubah Emas. Terdapat tiga teknik dalam pemasangan emas tersebut.

Pertama, serbuk emas ditempatkan pada bagian mahkota pilar, gold planting terdapat pada pagar mezanin, lampu gantung, pucuk langit kubah, dan ornamen kaligrafi bertulisan kalimat tasbih.

Teknik gold mozaik solid dilakukan pada kubah utama dan kubah menara.

3. Terinspirasi bangunan masjid Timur Tengah

Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Religi Andalan di DepokSalah satu sudut bagian bangunan Masjid Kubah Emas yang berada di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sejauh mata memandang, bangunan Masjid Kubah Emas terinspirasi dari sejumlah masjid yang berasal dari Timur Tengah.

Hal itu dapat dipastikan dari bentuk kubah, halaman depan, minaret, serta hiasan dekoratif dengan bentuk geometris.

4. Masjid Kubah Emas selesai dibangun 2006

Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Religi Andalan di DepokSalah satu bangunan yang berada di kawasan Masjid Kubah Emas yang berada di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Masjid Kubah emas merupakan milik almarhumah Hajjah Dian Djuriah Maimun Al Rasyid yang semasa hidupnya merupakan pengusaha properti asal Banten.

Pada 1996, Dian membeli tanah di wilayah Meruyung dan pada 2001 membangun masjid kubah emas hingga selesai pembangunan pada 2006.

Baca Juga: 9 Masjid Rancangan Ridwan Kamil yang Cocok untuk Wisata Religi

5. Dirikan Islamic Center Dian Al Mahri

Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Religi Andalan di DepokMasyarakat muslim usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Kubah Emas yang berada di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Di mata masyarakat Kota Depok, khususnya di sekitar Masjid Kubah Emas, Dian semasa hidupnya kerap menggelar pengajian dan bersedekah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Masih di area masjid, Dian mendirikan Islamic Center Dian Al Mahri yang memadukan sarana ibadah, pendidikan, dakwah, dan sosial.

6. Didatangi masyarakat Depok dan luar Depok

Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Religi Andalan di DepokMasyarakat muslim saat melaksanakan salat Jumat di Masjid Kubah Emas yang berada di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kini, Masjid Kubah Emas peninggalan Dian menjadi salah satu destinasi wisata religi andalan di Kota Depok.

Keberadaannya menjadi daya tarik masyarakat yang berasal dari luar Depok untuk datang beribadah.

7. Beribadah di Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas, Destinasi Wisata Religi Andalan di DepokSajumlah masyarakat muslim melaksanakan tadarus di Masjid Kubah Emas yang berada di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Seperti Ramadan saat ini, sejumlah masyarakat beribadah di masjid tersebut. Tidak hanya salat lima waktu dan salat sunat, tetapi juga tadarus Al-Qur'an.

Baca Juga: Cerita Ramadan: Tarawih di Masjid demi Uji Nyali Main Perosotan Alami

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya