Pemkot Depok Bakal Lanjutkan Penanganan Underpass Dewi Sartika

Ajak Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkolabirasi kembali

Depok, IDNTimes - Pemerintah Kota Depok akan melanjutkan penanganan operasional underpass Dewi Sartika untuk berkolaborasi kembali bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya dua pemerintah tersebut telah meresmikan underpass Dewi Sartika yang dibangun dengan anggaran Rp189 miliar.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah bekerjasama membangun underpass Dewi Sartika. Diketahui pembangunan tersebut merupakan kolaborasi bersama dalam antara daerah dengan provinsi.

"Terima kasih kepada Pak Gubernur sudah membantu pembangunan underpass Dewi Sartika," ujar Idris kepada IDN Times, Rabu (18/1/2023).

1. Jalan Dewi Sartika merupakan Jalan Provinsi

Pemkot Depok Bakal Lanjutkan Penanganan Underpass Dewi SartikaWali Kota Depok , Mohammad Idris (IDN Times/Dicky)

Idris menuturkan, pada pelaksanaan pembangunan underpass, Pemerintah Kota Depok melaksanakan pembebasan lahan di sekitar Jalan Dewi Sartika. Menurutnya, Jalan Dewi Sartika merupakan jalan yang kewenangannya merupakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Tapi memang beberapa aset yang kita bebaskan itu memang aset kita," tutur Idris.

Idris mengungkapkan, setelah pembangunan underpass Dewi Sartika selesai, Pemerintah Kota Depok akan bekerjasama kembali dengan Provinsi Jawa Barat. Kerjasama tersebut yakni penanganan operasional underpass tersebut.

"Kita kerja sama dengan provinsi seperti apa operasionalnya, misalnya masalah lampu tanggung jawab siapa kan harus bayar, terus kebersihan juga tanggung jawab siapa, itu yang harus dikerjasamakan," ungkap Idris.

2. Pemkot Depok akan menambah mural simbol Kota Depok

Pemkot Depok Bakal Lanjutkan Penanganan Underpass Dewi SartikaOrnamen yang berada di sisi dinding underpass Jalan Dewi Sertika, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Usai dibangun underpass Dewi Sartika Pemerintah Kota Depok akan menindaklanjuti untuk menata dan keindahan pada sisi underpass Dewi Sartika. Pemerintah Kota Depok sudah mendapatkan petunjuk dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menambahkan ornamen karakteristik Kota Depok.

"Lalu masalah lukisan, gambar mural dan sebagainya itu, nanti bisa ditambah kata beliau (gubernur) untuk memasarkan simbol Kota Depok, seperti itu nanti kerjasamanya," kata Idris.

Underpass Dewi Sartika dibangun untuk memecahkan masalah kemacetan di jalan tersebut karena bersinggungan dengan rel kereta api listrik. Sebelum dibangun underpass, setiap jam sibuk terjadi kemacetan dari Jalan Dewi Sartika hingga akses memasuki Jalan Raya Margonda.

3. Underpass Dewi Sartika menjadi solusi mengurangi kemacetan

Pemkot Depok Bakal Lanjutkan Penanganan Underpass Dewi SartikaGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan pembangunan underpass Dewi Sartika, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Pada pemberitaan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah meresmikan pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika di Depok. Pembangunan underpass ini menghabiskan anggaran sebesar Rp189 miliar.

Ridwan Kamil yang kerap disapa Emil mengatakan, pembangunan underpass Dewi Sartika telah selesai dan diresmikan bersama Pemerintah Kota Depok. Pembangunan underpass yang bersinggungan dengan jalur kereta ini, diharapkan menjadi solusi kemacetan di jalan tersebut.

"Nggak usah berhenti setiap dua menit karena kereta api lewat, insyaAllah lalu lintas lancar, rezekinya lancar sehingga warga Depok pasti akan naik kebahagiaannya, ekonominya lebih maju dan luar biasa," ujar Emil, Rabu (17/1/2023).

Emil menegaskan, pembangunan underpass Dewi Sartika merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Depok. Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan pembangunan, sementara pembebasan lahan dilakukan Pemerintah Kota Depok.

"Underpass ini adalah kolaborasi yang luar biasa dan contoh yang baik untuk tempat lain, mudah-mudahan di tahun ke depan jika Kota Depok masih membutuhkan infrastruktur underpass dan jembatan, mari kita diskusikan," tegas Emil.

Pembangunan underpass menghabiskan anggaran sekitar Rp189 miliar menggunakan APBD Provinsi Jawa Barat dan APBD Kota Depok. Panjang underpass sekitar satu kilometer dan panjang terowongan mencapai 470 meter.

"Setiap tahun harus ada kemajuan sampai suatu hari masyarakat Depok merasakan perubahan yang signifikan, pembangunan di Kota Depok," terang Emil.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya