Pesan Habib Hasan bin Ja'far Assegaf Sebelum Meninggal Dunia

Habib Hasan Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Depok, IDN Times - Habib Hasan bin Ja'far Assegaf rupanya sempat memberikan pesan kepada adiknya, Habib Abdullah bin Ja'far Assegaf sebelum meninggal dunia.

Habib Abdullah mengatakan, sebelum meninggal dunia Habib Hasan sempat melaksanakan tadarus bersama muridnya dan melaksanakan salat subuh. Setelah itu, Habib Hasan menyempatkan diri untuk beristirahat.

“Sekitar pukul 08.00 WIB, Habib Hasan terbangun untuk melaksanakan salah dhuha,” ujar Habib Abdullah, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Anies Takziah ke Kediaman Habib Hasan di Majelis Nurul Mustofa Depok

1. Habib Hasan sempat diberikan tindakan medis

Pesan Habib Hasan bin Ja'far Assegaf Sebelum Meninggal DuniaSejumlah jamaah bertakziah dikediaman Habib Hasan bin Jafar Assegaf yang meninggal dunia. (IDNTimes/Dicky)

Usai menjalankan salat dhuha, Habib Hasan sempat merasakan lemas. Keluarga sempat mengira dia pingsan. Habib Hasan pun dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan penanganan, namun tim medis rumah sakit memberikan kabar bahwa Habib Hasan telah meninggal dunia.

“Sempat dibantu dengan pompa jantung selama 10 menit dan dipastikan tidak ada,” tutur Habib Abdullah.

Saat meninggal dunia, Habib Hasan dalam keadaan berpuasa dan diduga terkena serangan jantung. Habib Abdullah sempat menanyakan terkait hal tersebut karena terdapat riwayat jantung dari orangtuanya.

“Dokternya bilang, datang ke situ sudah tidak ada,” ucap Habib Abdullah.

Baca Juga: Innalilahi, Habib Hasan bin Ja'far Meninggal Dunia Usai Salat Dhuha

2. Lafaz Allah ucapan terakhir Habib Hasan sebelum meninggal

Pesan Habib Hasan bin Ja'far Assegaf Sebelum Meninggal DuniaSejumlah jamaah tampak memasuki area masjid Nurul Mustofa untuk bertakziah terhadap Habib Hasan yang meninggal dunia. (IDNTimes/Dicky)

Sebelum meninggal, Habib Hasan sempat mengucapkan lafaz Allah ketika merasakan lemas usai salat dhuha. Habib Abdullah bahkan mengaku masih ingat setiap tarikan napas sang kakak yang selalu mengucapkan lafaz Allah hingga dilarikan ke rumah sakit.

“Kata terakhir lafaz Allah dan langsung dibawa ke rumah sakit. Kita sangkanya pingsan. Kita mau tanya, tahunya sudah gak ada,” ucap Habib Abdullah.

Sepengetahuan Habib Abdullah, kakaknya tidak pernah mengeluhkan soal gangguan kesehatan. Ia juga masih ingat ketika melaksanakan buka puasa bersama dengan sang kakak dan orangtuanya di Bogor.

“Selasa kemarin masih buka puasa bersama. Kebiasaan kita satu hari puasa itu pasti kumpul di rumah Umi di Bogor, itu gak pernah terlewati sampai kemarin. Jadi memang ceria, tidak ada yang tahu,” jelas Habib Abdullah.

Baca Juga: Habib Hasan bin Ja'far Umar Assegaf Dimakamkan Besok

3. Habib Hasan sudah berdakwah sejak usia muda

Pesan Habib Hasan bin Ja'far Assegaf Sebelum Meninggal DuniaSejumlah karangan bunga atas meninggalnya Habib Hasan bin Jafar Assegaf di komplek Masjid Nurul Mustofa, Cilodong, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Malam sebelum Habib Hasan meninggal dunia, Habib Abdullah bertemu dengannya sebelum mengajar. Dia berdiskusi dan sempat meminta maaf kepada dirinya apabila memiliki kesalahan, dan menitipkan anaknya serta Majelis Taklim Nurul Mustofa.

"Karena saya gak terlalu anggap, jangan gitu, sehat semua. Gak ada firasat sama sekali, tapi pesan itu jelas saya terima," tutur Habib Abdullah.   

“Bahkan tahun lalu tarawih pakai kursi, semalam gak, dia sendiri,” ujar dia.

Menurut dia, Habib Hasan terkesan tersenyum saat disemayamkan. Sang kakak juga diketahui telah berdakwah selama 30 tahun yang dimulai sejak usia muda.

“Beliau memang dakwahnya hampir 30 tahun, dari muda sampai saat ini anak 7, tidak lepas untuk mengajak baik. Semua tanda-tanda husnul khotimah jelas. Untuk mukanya begitu senyum, bisa ditanya orang yang melihat. Luar biasa ini tanda bahwa orang yang dakwah meninggalnya begitu sangat mudah,” ucap Habib Abdullah.

Baca Juga: Operasi Keselamatan Jaya, Ratusan Kendaraan Kena Tilang ETLE di Depok

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya