Ribuan Warga Depok Antusiasme Berburu Tiket Mudik Gratis Kemenhub

Pendaftaran dibuka mulai 6 Maret hingga 3 April mendatang

Depok, IDN Times - Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat kembali membuka mudik gratis 2024, salah satunya di Kota Depok. Ribuan warga antusiasme mengikuti program mudik gratis dan telah tercetak 4 ribu tiket, di posko mudik gratis Depok yang berada di Terminal Terpadu Kota Depok.

Leader Penanggung Jawab Posko Depok, Yugo, mengatakan posko mudik gratis di Terminal Terpadu Kota Depok telah dibuka selama enam hari. Pendaftaran mudik gratis sudah dibuka sejak 6 Maret hingga 3 April 2024 di seluruh wilayah Jabodetabek.

“Kita sudah membuka posko sejak enam hari lalu dan tercatat sudah 4 ribu tiket berhasil dicetak untuk di Posko Depok,” ujar Yugo saat ditemui IDN Times, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Cara Daftar Mudik Gratis Bareng Honda 2024, Ini Jadwal dan Rutenya

1. Disediakan tiket mudik gratis 30.028 tiket

Ribuan Warga Depok Antusiasme Berburu Tiket Mudik Gratis KemenhubSejumlah warga meminta pelayanan pencetakan mudik gratis di posko mudik gratis di Terminal Terpadu Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Yugo menuturkan, Kementerian Perhubungan menyediakan tiket mudik gratis untuk wilayah Jabodetabek sekitar 30.028 tiket. Tidak dapat dipungkiri, antusiasme warga Depok yang sudah mendaftarkan mencapai 1.500 orang.

“Biasanya mereka mendaftar selain untuk diri sendiri serta menyertakan anggota keluarganya,” tutur dia.

Berdasarkan penghitungan, lanjut Yugo, rata-rata warga Depok yang mendaftar perharinya mencapai 300 orang sejak pendaftaran dibuka. Ada pula warga Depok yang datang untuk meminta informasi cara pendaftaran mudik gratis.

“Mereka yang datang dan menanyakan cara pendaftaran kami layani dan kami berikan petunjuk mekanismenya,” kata dia.

2. Peserta dimintai nomor NIK untuk mencegah percaloan tiket

Ribuan Warga Depok Antusiasme Berburu Tiket Mudik Gratis KemenhubSejumlah warga meminta pelayanan pencetakan mudik gratis di posko mudik gratis di Terminal Terpadu Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Warga Kota Depok yang ingin mendaftar mudik gratis cukup mendaftarkan diri melalui aplikasi Mitra Darat. Warga Depok dapat mendaftarkan pada aplikasi tersebut dengan mengisi identitas pendaftar disertai nomor induk kependudukan (NIK).

“Perlu diingat, satu aplikasi hanya dapat mendaftar untuk empat orang keluarga,” kata Yugo.

Warga yang telah mendaftar akan mendapatkan barcode untuk pencetakan tiket di posko mudik gratis. Tiket akan dicetak yang sebelumnya akan disesuaikan terlebih dahulu berdasarkan NIK untuk menghindari terjadinya percaloan tiket.

“Jangan sampai program mudik gratis digunakan atau disalahgunakan untuk percaloan tiket,” jelas Yugo.

Baca Juga: Catat, Pemprov DKI Buka Mudik Gratis 2024 ke 19 Kota/Kabupaten

3. Keberangkatan mudik gratis pada 6 dan 7 April mendatang

Ribuan Warga Depok Antusiasme Berburu Tiket Mudik Gratis KemenhubPosko mudik gratis yang berada di Terminal Terpadu Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Warga yang telah mendapatkan barcode tiket, dapat segera menukarkan atau mencetakan barcode dengan tiket resmi mudik gratis. Adapun batas pencetakan tiket selama lima hari setelah warga menerima barcode tersebut.

“Apabila melewati batas waktu lima hari tapi belum dicetak, maka akan dinyatakan hangus,” ungkap Yugo.

Adapun kota tujuan untuk mudik gratis sejumlah wilayah Kota Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selain itu, terdapat tujuan kota lainnya ke Sumatra seperti Palembang, Lampung, Bengkulu, dan Padang.

“Wilayah Kalimantan menjadi yang terbaru pada program mudik gratis dengan tujuan Banjarmasin dan Pangkalan Bun,” tutup Yugo.

Pemberangkatan peserta mudik gratis Kementerian Perhubungan akan dilaksanakan secara dua tahap. Tahap pertama akan dilaksanakan 6 April 2024 di Terminal Jatijajar, Pondok Cabe, dan Pulogebang.

“Untuk 7 April pemberangkatan di Terminal Kampung Rambutan dan Poris Tangerang,” tutup Yugo.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya