RSUD Depok Siagakan 10 Ton Oksigen Antisipasi Gelombang 3 COVID-19

RSUD Depok juga memperkuat SDM antisipasi lonjakan COVID-19

Depok, IDN Times - Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Kota Depok melakukan berbagai langkah antisipasi gelombang ketiga COVID-19. Direktur Utama RSUD Kota Depok, Devi Mayori, mengatakan salah satu antisipasi yang dilakukan yaitu menambah stok oksigen.

Langkah itu diambil untuk mencegah kelangkaan oksigen seperti yang terjadi pada gelombang kedua pertengahan tahun ini.

"Salah satu langkah antisipasinya terkait ketersediaan oksigen," ujar Devi di Depok, Kamis (2/12/2021).

1. Siagakan 10 ton tabung oksigen

RSUD Depok Siagakan 10 Ton Oksigen Antisipasi Gelombang 3 COVID-19Ilustrasi tabung oksigen medis (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Devi menjelaskan RSUD Kota Depok telah menyediakan stok 10 ton tabung oksigen. Stok tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasien jika terjadi lonjakan kasus COVID-19.

"Kami menyiagakan 10 ton tabung oksigen untuk pasien yang membutuhkan oksigen tinggi," jelas Devi.

Devi mengungkapkan, pada gelombang kedua untuk 10 tabung oksigen hanya dapat digunakan tiga sampai empat hari. Pada saat itu, kebutuhan oksigen meningkat karena banyak masyarakat yang membutuhkan sehingga pihaknya mengalami kesulitan.

"Kemarin pada gelombang kedua seperti air bah sehingga banyak yang membutuhkan," ungkap Devi. 

Baca Juga: Waspada Gelombang 3 COVID-19 saat Nataru, Kemenkes: Ingat Juli Lalu!

2. RSUD Depok siagakan 30 alat konselator oksigen

RSUD Depok Siagakan 10 Ton Oksigen Antisipasi Gelombang 3 COVID-19Ilustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

RSUD Kota Depok, kata Devi, juga telah memiliki alat oksigen konsentrator untuk penanganan pasien COVID-19. Alat konselator dapat menyaring udara sekitar sehingga dapat langsung digunakan.

"Untuk alat konsentrator kami memiliki 30 buah yang sudah tersedia," ujar Devi.

Devi mengungkapkan alat konsentrator yang dimiliki RSUD Kota Depok mampu memproduksi oksigen hingga lima liter yang dapat digunakan secara berkelanjutan. Bahkan, kekuatan pasokan oksigen dapat ditompang dengan ketersediaan 100 tabung dengan kapasitas enam liter.

"Jadi apabila terjadi gelombang ketiga kebutuhan oksigen kami sudah disiapkan," ungkap Devi.

3. Perkuat SDM nakes hingga obat

RSUD Depok Siagakan 10 Ton Oksigen Antisipasi Gelombang 3 COVID-19ilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Devi menambahkan, RSUD Kota Depok juga melakukan penguatan pada sumber daya manusia (SDM) untuk penanganan pasien COVID-19, mulai dari dokter hingga perawat. Selain itu, RSUD Kota Depok juga menambah stok obat-obatan yang digunakan untuk merawat pasien COVID-19.

"Walaupun kami sudah melakukan antisipasi, perlu kesadaran masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan untuk mencegah gelombang ketiga COVID-19," kata Devi.

Baca Juga: Waspada! Pasien DBD di RSUD Kota Depok Meningkat Drastis

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya