Rusak karena Limpahan Air, Jembatan Grand Depok City Diperbaiki

Jembatan GDC mirip kuali yang menampung air

Depok, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Jawa Barat, memperbaiki jalan dan jembatan Grand Depok City (GDC), Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Jalan dan jembatan tersebut merupakan penghubung antara Jalan Raya Citayam dan perkantoran pemerintahan serta instansi publik.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, DPUPR Kota Depok sedang mempercepat perbaikan Jalan GDC hingga 12 Desember mendatang. Perbaikan tersebut telah sesuai kontrak dan di kawasan tersebut ada dua kontrak yakni, kontrak perbaikan jalan dan kontrak perbaikan jembatan.

"Kalau yang jembatan itu kita memang lagi menunggu desainnya dulu," ujar Citra kepada IDN Times, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga: Polisi Temukan Bahan Baku Obat Sirop PT Afi Farma di Tapos Depok

1. Jembatan GDC hanya mengalami kerusakan pada bagian atas

Rusak karena Limpahan Air, Jembatan Grand Depok City DiperbaikiKepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty (tengah) saat ditemui di Situ Studio Alam, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Citra menuturkan, apabila dilihat secara kasat mata, jembatan GDC tersebut berada di jalan menurun dari arah Jalan Raya Citayam dan Jalan GDC. Dia mengakui, kerusakan jembatan GDC cukup parah sehingga menganggu kenyamanan pengguna jalan.

"Tapi jembatan GDC itu kalau secara konstruksi beton di bawah tidak mengalami kerusakan," tutur Citra.

DPUPR Kota Depok sebelumnya sudah melakukan uji laboratorium untuk mengetahui kerusakan jembatan GDC. Hasilnya, konstruksi bawah jembatan yang berhubungan langsung dengan Sungai Ciliwung tidak mengalami kerusakan parah.

"Hasil lab juga di bawah itu masih bagus, beda dengan jembatan Jatijajar konstruksi beton bagian bawahnya itu sudah mengkhawatirkan," terang Citra.

2. Dinas PUPR Kota Depok akan mengganti pipa pembuangan

Rusak karena Limpahan Air, Jembatan Grand Depok City DiperbaikiJembatan GDC sedang dilakukan perbaikan DPUPR Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Citra mengakui bahwa kerusakan jalan di jembatan GDC di sebabkan limpasan air hujan, karena konstruksi jalan di jembatan tersebut menurun. Tidak hanya itu, lubang pembuangan di jembatan tersebut mengalami penyumbatan.

"Karena penyumbatan sehingga pembuangan air ke Sungai Ciliwung tidak berjalan dengan normal," kata Citra.

Dia menjelaskan, Dinas PUPR Kota Depok memangkas pipa pembuangan saluran air. Nantinya pipa tersebut akan digantikan dengan pipa yang lebih besar sehingga pembuangan air dapat berjalan dengan lancar.

"Diharapkan tidak ada lagi genangan, jadi air akan cepat mengalir ke Sungai Ciliwung," jelas Citra.

3. Anggaran perbaikan jalan dan jembatan mencapai Rp16 miliar

Rusak karena Limpahan Air, Jembatan Grand Depok City Diperbaiki

Sebelumnya, Citra mengungkapkan, perbaikan jalan GDC akan dilaksanakan mulai dari pintu masuk yang berbatasan dengan Jalan Raya Citayam. Dinas PUPR Kota Depok tidak dapat memastikan akhir pengerjaan jalan, namun pada perempatan Jalan KSU akan ada pengerjaan crossingan jalan.

"Kalau tinggi permukaan jalan bervariasi antara 25 sampai 30 sentimeter tergantung tinggi muka jalan, karena kan kontur jalan di GDC tidak merata," ungkap Citra.

Dinas PUPR akan terlebih dahulu memperbaiki jalan pada jalur cepat. Untuk lebar jalan mencapai 14 meter, dan lebar jalur lambat 6 meter, dengan rencana pengerjaan jalan sekitar empat bulan.

"Anggaran untuk rehabilitasi jembatan sebesar Rp1,6 miliar dan jalan mencapai Rp15,3 miliar, serta total keseluruhan mencapai Rp16,9 miliar," jelas Citra.

Baca Juga: Kadisdik Kota Depok Diduga Hindari Orang Tua Siswa di DPRD Kota Depok

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya