Sudah Jadi, Underpass Dewi Sartika Depok Diresmikan Ridwan Kamil

Panjang underpass Dewi Sartika mencapai satu kilometer

Depok, IDNTimes - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah meresmikan pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika di Depok. Pembangunan underpass ini menghabiskan anggaran sebesar Rp189 miliar.

Ridwan Kamil yang kerap disapa Emil mengatakan, pembangunan underpass Dewi Sartika telah selesai dan diresmikan bersama Pemerintah Kota Depok. Pembangunan underpass yang bersinggungan dengan jalur kereta ini, diharapkan menjadi solusi kemacetan di jalan tersebut.

"Nggak usah berhenti setiap dua menit karena kereta api lewat, insyaAllah lalu lintas lancar, rezekinya lancar sehingga warga Depok pasti akan naik kebahagiaannya, ekonominya lebih maju dan luar biasa," ujar Emil, Rabu (17/1/2023).

Baca Juga: Pembukaan Underpass Dewi Sartika Mundur hingga Pertegahan Januari

1. Panjang underpass Dewi Sartika mencapai satu kilometer

Sudah Jadi, Underpass Dewi Sartika Depok Diresmikan Ridwan KamilGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meresmikan pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Emil menegaskan, pembangunan underpass Dewi Sartika merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Depok. Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan pembangunan, sementara pembebasan lahan dilakukan Pemerintah Kota Depok.

"Underpass ini adalah kolaborasi yang luar biasa dan contoh yang baik untuk tempat lain, mudah-mudahan di tahun ke depan jika Kota Depok masih membutuhkan infrastruktur underpass dan jembatan, mari kita diskusikan," tegas Emil.

Pembangunan underpass menghabiskan anggaran sekitar Rp189 miliar menggunakan APBD Provinsi Jawa Barat dan APBD Kota Depok. Panjang underpass sekitar satu kilometer dan panjang terowongan mencapai 470 meter.

"Setiap tahun harus ada kemajuan sampai suatu hari masyarakat Depok merasakan perubahan yang signifikan, pembangunan di Kota Depok," terang Emil.

2. Masyarakat diminta tidak melakukan vandalisme

Sudah Jadi, Underpass Dewi Sartika Depok Diresmikan Ridwan KamilGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan pembangunan underpass Dewi Sartika, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Emil menegaskan agar masyarakat dapat menjaga dan menghormati underpass Dewi Sartika, yang namanya diambil dari nama tokoh pahlawan nasional. Masyarakat diminta untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di underpass Dewi Sartika.

"Hormati namanya dan jaga jalannya dengan dua hal saja, yakni menjaga kebersihan dan jaga ketertiban," ungkap Emil.

Emil meminta masyarakat tidak nongkrong di underpass Dewi Sartika yang telah dibangun secara menarik dan estetis. Selain itu, masyarakat tidak melakukan vandalisme atau mencoret tembok di sepanjang underpass Dewi Sartika.

"Jangan ada nongkrong-nongkrong karena ini jalan nanti ketabrak, jangan ada kerusakan-kerusakan atau vandalisme dari tangan-tangan yang jahil," pungkas Emil.

3. Pembangunan underpass bukti kolaborasi pemprov dan pemkot

Sudah Jadi, Underpass Dewi Sartika Depok Diresmikan Ridwan KamilGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Wali Kota Depok, Mohammad Idris meninjau pembangunan underpass Dewi Sartika, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Masih di lokasi yang sama, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah berkolaborasi membangun underpass Dewi Sartika. Hal itu menjadi bukti kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi berjalan dengan baik.

"Ini merupakan sebuah bukti kerja kolaborasi, InsyaAllah hari ini Dewi Sartika yang dibantu dengan Gubernur ke depan banyak bantuan lagi," ujar Idris.

Idris menambahkan, Pemerintah Kota  Depok mengajak masyarakat untuk mendoakan Ridwan Kamil pada masa akhir jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat. Idris meminta masyarakat menjaga konektivitas dan kerukunan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita doakan semoga beliau khotimah dan bisa melanjutkan kariernya," tutup Idris.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya