Vaksinasi Drive Thru Rest Area KM 21 Tol Jagorawi Dibanjiri Peserta

Sempat terjadi kerumunan saat vaksinasi

Depok, IDN Times - Vaksinasi drive thru yang digelar TNI bersama Jasa Marga di rest area KM 21 Tol Jagorawi, Kota Depok, Jawa Barat, disambut antusiasme masyarakat. Bahkan, sempat terjadi kerumunan dari peserta vaksinasi.

Untuk mencegah terjadinya kerumunan pada pelaksanaan vaksinasi, petugas berkali-kali mengingatkan peserta vaksinasi agar tertib dan tidak berkerumun. Tidak jarang, petugas memberikan imbauan kepada peserta vaksinasi melalui pengeras suara.

"Mundur, mundur. Jangan mepet-mepet. Minta tolong jaga jaraknya," seru petugas melalui pengeras suara, Jumat (10/9/2021). 

1. Peserta khawatir tidak kebagian vaksin

Vaksinasi Drive Thru Rest Area KM 21 Tol Jagorawi Dibanjiri PesertaAntrian vaksinasi menjelar di rest area KM21 Tol Jagorawi yang digelar TNI bersama Jasa Marga. Istimewa)

Salah seorang peserta vaksinasi, Yati mengaku mengikuti vaksinasi yang digelar TNI karena belum mendapatkan vaksinasi. Apalagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah menetapkan syarat vaksin untuk mengakses transportasi maupun pusat perbelanjaan.

"Kan mau dapat semua, kami takut gak kebagian pak," ujar dia.

Yati mengungkapkan, sebelum vaksinasi ia telah mendaftar terlebih dahulu secara daring. Setelah mendaftar dan mendapatkan verifikasi, dia langsung mendatangi lokasi vaksinasi di rest area. Takut kehabisan stok vaksin, dia pun sudah berada di rest area pada pukul 09.00 WIB.

"Takut kehabisan makanya datang sejak pagi," ucap dia.

2. Warga ada yang datang sejak pukul 5.00 WIB

Vaksinasi Drive Thru Rest Area KM 21 Tol Jagorawi Dibanjiri Pesertailustrasi penyuntikan vaksin (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Peserta vaksinasi lainnya, Andi mengaku untuk mendapatkan vaksinasi, ia rela mendatangi lokasi vaksinasi ini lebih awal sebelum berangkat kerja. Sama seperti Yati, dia pun khawatir kehabisan kuota vaksin.

"Pas saya datang antreannya panjang, banyak warga yang menunggu giliran sejak pukul 05.00 WIB," ucap dia.

Andi memperkirakan, antusiasme peserta vaksinasi karena tidak sabar untuk mendapatkan vaksin sesuai anjuran pemerintah. Lantaran harus menunggu antrean panjang, dia pun terlambat datang ke kantor.

Sementara, di lokasi vaksinasi drive thru rest area Tol Jagorawi, pengendara cukup berada di dalam mobil, dan petugas kesehatan yang akan mendekati untuk disuntik vaksin. Mereka yang berhasil melakukan pendaftaran dan lolos screening, akan dipersilakan menuju Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama, KM 18.

3. Peserta vaksinasi dan tenaga kesehatan dikejutkan kedatangan Putri Indonesia

Vaksinasi Drive Thru Rest Area KM 21 Tol Jagorawi Dibanjiri PesertaPutri Indonesia 2020, Raden Roro Ayu Maulida Putri mendatangi lokasi vaksinasi drive thru di rest area Tol Jagorawi. (Istimewa)

Pelaksanaan vaksinasi drive thru di rest area Tol Jagorawi ini juga kedatangan Putri Indonesia 2020, Raden Roro Ayu Maulida Putri. Kedatangan dia untuk melihat vaksinasi secara langsung dan memberi dukungan kepada peserta dan tenaga kesehatan.

Perempuan yang kerap disapa Ayu Maulida ini mengaku terkejut dengan antusiasme peserta vaksinasi yang membeludak dan sempat terjadi kerumunan. Dia meminta peserta vaksinasi agar tetap menjaga protokol kesehatan selama mengantre vaksinasi.

"Saya tidak menyangka, antusiasme warga yang ingin vaksin setinggi ini," ujar Ayu.

Ayu juga mengajak masyarakat yang masih takut vaksinasi agar segera melakukan vaksinasi. Dia juga memberikan masukan terhadap pelaksanaan vaksinasi yakni agar pemerintah menambah petugas di lapangan untuk kenyamanan, kelancaran, dan keamanan selama pelaksanaan vaksinasi.

"Kami berharap warga yang masih galau untuk divaksin karena alasan yang kurang jelas, dapat segera divaksin. Tapi saya berharap antrean saat vaksinasi juga harus prokes," pinta dia.

Sebagai informasi, kegiatan vaksinasi drive thru TNI merupakan kerja sama antara Mabes TNI dan Jasa Marga. Kegiatan ini rencananya akan terus dilakukan hingga 30 September mendatang.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya