Viral Kali di Atas Tol, Walkot Depok: Kecanggihan Konstruksi Modern

Kali dialirkan melalui talang air

Depok, IDNTimes - Warganet Depok sempat dibuat bingung lewat video viral terkait keberadaan Kalibaru di kawasan Raya Bogor. Sebab, dalam video itu, terlihat letak Kalibaru yang tatanannya berada di atas jalan tol Cijago alias Cinere-Jagorawi.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, buka suara soal keberadaan Kalibaru di atas jalan tol Cijago. Dia menilai itu bukan hal yang aneh karena pengerjaan pembangunannya menggunakan teknologi konstruksi mutakhir.

"Itu biasa, hasil kajian pihak tol itu wajar pada pembangunan kontruksi di zaman modern," ujar Idris, Sabtu (11/3/2023)

1. Pengerjaan seusai DED yang disepakati Kementerian

Viral Kali di Atas Tol, Walkot Depok: Kecanggihan Konstruksi ModernWali kota Depok, Mohammad Idris saat ditemui di Balai Kota Depok (IDN Times/Dicky)

Pembuatan jalan tol Cinere-Jagorawi dan menempatkan Kali Baru berada diatas jalan tol, telah melalui kajian dan disesuaikan Detail Engginering Design (DED). Bahkan DED tersebut telah disepakati Kementerian sehingga pada pengerjaannya dibuatkan Kali yang berada di atas jalan tol.

"Begitu juga sungai di atas underpass jalan Dewi Sartika, kalau orang dulu melihatnya aneh, tapi itu biasa," ujar Idris.

Idris menuturkan, apabila kali tersebut mengalami kerusakan, akan dilakukan renovasi atau perbaikan sehingga bukan sesuatu hal yang aneh. Pemerintah Kota Depok meminta masyarakat tidak khawatir maupun cemas akan keberadaan kali yang berada diatas bidang jalan.

"Tidak perlu cemas, Pemerintah Pusat sudah membuat tol di atas laut, dulu kan tidak ada, tapi sekarang sudah menjadi hal biasa," tutur Idris.

Baca Juga: Sistem Satu Arah Depok Berpotensi Diberlakukan Kembali

2. Pengembang mengalirkan air menggunakan sistem aquaduct

Viral Kali di Atas Tol, Walkot Depok: Kecanggihan Konstruksi ModernAliran Kali Baru yang berada di atas Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang sempat menghebohkan netizen Kota Depok. (Istimewa)

Hal itupun mendapatkan tanggapan dari Pengelola Tol Cinere-Jagorawi atau Cijago. Tim Engineer PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ), Dekstia, mengatakan kali atau sungai di atas ruas Tol Cijago bukan menjadi hal yang aneh. Pihaknya menyebutnya sebagai jembatan aquaduct atau talang air berbentuk box.

"Kami menyebutnya jembatan aquaduct atau jembatan talang air dalam bentuk boks," ujar Dekstia.

Dekstia mengungkapkan, aquaduct memiliki fungsi untuk mengalirkan air sungai dari selatan ke utara dari arah Bogor menuju Jakarta. Pada prinsipnya, pembangunan tol tidak boleh memutus aliran air sehingga dibangun infrastruktur aquaduct untuk jalan air sungai di lokasi tersebut. 

"Lokasi mirip seperti itu ada di sebelah jembatan kereta yang di Margonda," ungkap Dekstia.

3. Keamanan telah terjamin

Viral Kali di Atas Tol, Walkot Depok: Kecanggihan Konstruksi ModernIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Dekstia menjelaskan, pada 2012 saat pembangunan tol Cinere-Jagorawi telah melakukan serangkaian kajian yang matang. Berdasarkan perhitungan struktur pondasi bawah dan atas dinilai aman, serta desain sudah disetujui pemerintah.

"Selain itu, banyak pula tahapannya hingga ke realisasi pembangunanya," jelas Dekstia.

Dekstia meminta, masyarakat Depok diimbau tidak khawatir dengan sungai di atas jalan Tol Cijago.

"Sebab, faktor-faktor keamananannya telah terjamin," ujar Dekstia.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya