Viral SDN Pocin 1 Depok, Ternyata Mau Digusur Diganti Masjid Agung

Relokasi dilakukan ke dua sekolah terdekat

Depok, IDN Times - SDN 1 Pondok Cina (Pocin), Kemiri Muka, Beji, Depok, ramai menjadi sorotan. Hal ini lantaran akses masuk sekolah yang tertutup trotoar. Bukan cuma itu, siswa SDN Pocin 1 juga rencananya bakal direlokasi ke dua sekolah lain lantaran tempat itu bakal dibangun Masjid Agung.

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri, mengatakan sedianya siswa SDN Pocin 1 akan direlokasi ke SDN Pondok Cina 3 dan Pondok Cina 5 yang lokasinya tak jauh dari sana. menggunakan lahan di sekolah tersebut.

"Prinsipnya kemarin sudah direlokasi, sekolahnya sudah dimerger di belakang yaitu SDN Pondok Cina 3," ujar Supian saat ditemui IDN Times, Kamis (10/11/2022).

1. SDN Pondok Cina 3 dan 5 dinilai cukup menampung siswa

Viral SDN Pocin 1 Depok, Ternyata Mau Digusur Diganti Masjid AgungHalaman SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Supian menuturkan, Pemerintah Kota Depok akan melakukan tender pada tahun ini sehingga pelaksanaan pembangunan dapat dikerjakan pada awal tahun depan. Menurutnya, untuk mendukung perencanaan tersebut, SDN Pondok Cina 1 harus segera dilakukan pembongkaran.

"Pelaksanaannya awal tahun depan sudah bisa dilaksanakan, sehingga harus cepat dibongkar untuk dilakukan pembuatan DED," tutur Supian.

Pembongkaran sendiri sedianya bakal dilakukan setelah SDN Pocin 1 melakukan relokasi ke sekolah lainnya di mana Pemkot Depok dikatakan telah melakukan alokasi anggaran. Sejauh ini, SDN Pocin 3 dan 5 dianggap cukup untuk menampung para siswa SDN Pocin 1.

"Sebetulnya jumlah sekolah yang di depan dan di belakang itu sudah cukup dimerger, artinya tidak harus ada sekolah baru, karena jumlah muridnya juga cukup," terang Supian.

Baca Juga: Orangtua Siswa Pertanyakan Lokasi Relokasi SDN Pondok Cina 1

2. Sebagai gantinya akan dibangun SMP Negeri

Viral SDN Pocin 1 Depok, Ternyata Mau Digusur Diganti Masjid AgungHalaman SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Supian mengungkap, relokasi SDN Pocin 1 selain untuk kebutuhan Masjid Agung, untuk mengantisipasi suasana belajar anak yang lebih representatif.

Pemkot Depok menilai, suasana belajar di SDN Pocin 1 saat ini sudah tak representatif karena berada di pinggir Jalan Raya Margonda. "Kami rasa kurang representatif, baik itu untuk keselamatan ataupun kondisi belajar siswa," ungkap Supian.

Pemkot Depok mengaku telah menganggarkan pembangunan sekolah baru sebagai ganti dari SDN Pocin 1. Namun melihat kebutuhan sarana pendidikan, lahan pengganti akan dibangun SMP Negeri di wilayah tersebut karena dinilai lebih dibutuhkan.

"Untuk bangunan itu kami anggarkan di 2024, kebutuhannya untuk sekolah baru yaitu SMP Negeri, jadi justru yang dibutuhkan SMP Negerinya, kalau SD seperti yang saya sampaikan tadi cukup dengan dilakukan merger karena jumlah anaknya tidak terlalu banyak," ucap Supian.

3. Pada 14 November pembelajaran tatap muka di dua sekolah

Viral SDN Pocin 1 Depok, Ternyata Mau Digusur Diganti Masjid AgungPembangunan trotoar di Jalan raya Margonda depan SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Wijayanto mengatakan, rencana relokasi SDN Pocin 1 telah disampaikan kepada orangtua siswa melalui kepala sekolah. Dinas Pendidikan sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada orangtua siswa.

"Sejak 3 November sudah kita kasih suratnya melalui kepala sekolah," ujar Wijayanto.

Relokasi SDN Pocin 1 secara bertahap telah dilakukan ke SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5. Saat ini siswa SDN Pocin 1 melakukan belajar dari rumah (BDR), dan pada 14 November mendatang, baru melakukan pembelajaran tatap muka di dua sekolah relokasi tersebut.

"Kita lakukan BDR, setelah itu kita pindahkan, sebelum BDR kursi sebagian kita pindahkan," kata Wijayanto. 

Baca Juga: Fakta-Fakta Pembangunan Trotoar SDN Pondok Cina Depok Yang Viral

4. Relokasi sekolah ditunda sementara hingga siswa selesai ujian

Viral SDN Pocin 1 Depok, Ternyata Mau Digusur Diganti Masjid AgungSpanduk penolakan orang tua siswa terkait pembangunan Masjid Agung menggunakan lahan SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. IDNTimes/Dicky)

Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo, mendukung langkah pembangunan Masjid Agung menggunakan lahan SDN Pondok Cina 1. Namun sebelum dilakukan pemindahan, diharapkan siswa mendapatkan kepastian relokasi sekolah terlebih dahulu.

"Harus dipikirkan anak ini mau sekolah di mana, atau sebelum ini dibangun atau dipindahkan," kata Hendrik.

Hendrik menambahkan, Pemkot Depok diharap dapat mengizinkan siswa terlebih dahulu belajar di SDN Pocin 1 sebelum dipindah. Hal itu dikarenakan siswa akan menghadapi ujian sehingga perlu tempat yang representatif.

"Izinkan dulu untuk mereka bersekolah sementara waktu, apalagi sudah mau ujian. Sambil pemerintah mencari solusi, apakah bangun gedung baru atau dipindahkan ke mana," ucap Hendrik.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya