VIT R Jadi Solusi Mahasiswa UI Pelajari Anatomi Tubuh Secara Virtual

Dapat digunakan kapanpun dan dimanapun

Depok, IDN Times - Universitas Indonesia (UI) melakukan pengembangan pembelajaran mahasiswa Fakultas Ilmu Keperatan, melalui alat Virtual Reality (Vit R). Melalui alat tersebut, mahasiswa dapat melakukan pembelajaran anatomi tubuh manusia kapan pun dan dimana pun.

Peneliti Vit R Nurse FIK UI, La Ode Abdul Rahman, mengatakan Vit R merupakan sebuah terobosan pembelajaran untuk memudahkan mahasiswa mempelajari anatomi atau penanganan kesehatan pada tubuh manusia. Awalnya, alat tersebut digunakan membantu mahasiswa belajar secara online karena pandemik COVID-19.

"Saat ini, Vit R sudah digunakan untuk pembelajaran sejak diciptakan pada 2021," ujar Rahman saat ditemui IDN Times di FIK UI, Kota Depok, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga: Biologi 101: Seberapa Jauh Kamu Mengenali Anatomi Tubuh Manusia?

1. Memiliki sejumlah keunggulan

VIT R Jadi Solusi Mahasiswa UI Pelajari Anatomi Tubuh Secara VirtualPeneliti Vit R Nurse FIK UI, La Ode Abdul Rahman saat ditemui IDNTimes di FIK UI. (IDNTimes/Dicky)

Rahman menuturkan, Vit R merupakan sebuah alat simulasi dengan tampilan tiga dimensi, untuk skenario tindakan keperawatan secara virtual. Menggunakan alat tersebut mahasiswa dimudahkan untuk belajar penanganan pada tubuh manusia di setiap saat dan dimana pun mahasiswa berada.

"Keunggulannya yaitu laboratorium fisik bisa dibawa ke mana saja, dan kita bisa belajar di mana saja dan masa mahasiswa yang praktikum tidak perlu datang ke laboratorium, dia bisa praktikum di mana saja dan kapan saja," tutur dia.

Cara kerja penggunaan Vit R harus terkoneksi dengan internet, baik alat maupun handphone yang telah terdapat aplikasi. Mahasiswa dapat melakukan pembelajaran penanganan pada tubuh manusia menggunakan Vit R maupun stik pada alat tersebut.

"Mereka terlebih dahulu login dan bisa memilih konten atau materi pembelajaran yang mahasiswa inginkan dalam Vit R," terang Rahman.

2. Ada 10 konten yang dapat dipelajari melalui Vit R

VIT R Jadi Solusi Mahasiswa UI Pelajari Anatomi Tubuh Secara VirtualMahasiswa FIK UI saat menggunakan Vit R yang terkoneksi dengan handphone. (IDNTimes/Dicky)

Rahman menjelaskan, mahasiswa dapat belajar menggunakan Vit R untuk mempelajari perawatan luka, pemasangan infus, pemberian obat, pemasangan kateter dan anatomi, sehingga mahasiswa bisa belajar anatomi menggunakan virtual reality.

Selain itu, terdapat sejumlah konten, sehingga mahasiswa dapat terbantu pada pembelajaran tanpa harus datang ke laboratorium.

"Kurang lebih ada 10 konten yang sudah kita kembangkan saat ini," ungkap Rahman.

Mahasiswa dapat menggunakan alat Vit R dengan mengunjungi laboratorium FIK UI untuk membantu dalam pembelajaran. Selain itu, mahasiswa dapat memiliki alat Vit R dengan membelinya Rp300 ribu.

"Untuk softwarenya sendiri harganya mulai dari Rp5 juta sampai Rp20 juta," ucap Rahman.

Baca Juga: 5 Fakta Anatomi Tubuh yang Akan Membuatmu Takjub

3. Vit R akan diperkenalkan ke universitas lain

VIT R Jadi Solusi Mahasiswa UI Pelajari Anatomi Tubuh Secara VirtualPeneliti Vit R Nurse FIK UI, La Ode Abdul Rahman bersama mahasiswa saat menggunakan Vit R di laboratorium FIK UI. (IDNTimes/Dicky)

Rahman mengungkapkan, penggunaan Vit R untuk metode pembelajaran pada FIK UI akan terus dilakukan pengembangan. Saat ini, baru satu mata kuliah yang sudah menggunakan metode pembelajaran melalui Vit R.

"Baru satu mata kuliah, jadi mahasiswa hanya datang sesekali saja untuk belajar tapi belum dimasukkan ke dalam materi pembelajaran secara semuanya, menggantikan metode pembelajaran yang ada di laboratorium," ungkap dia.

Selain itu, mahasiswa di luar UI dapat menggunakan metode pembelajaran Vit R dengan mengunjungi website yang telah disediakan dengan terlebih dahulu mendaftar. Rencananya, Universitas Indonesia akan roadshow ke universitas lainnya untuk memperkenalkan metode pembelaran melalui Vit R.

"Kita akan roadshow beberapa universitas untuk memperkenalkan Vit R ini kepada mahasiswa di luar UI," tutup Rahman.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya