Comscore Tracker

Bandara Soetta Layani 21 Rute Penerbangan yang Dialihkan dari Halim

Pengalihan diakibatkan oleh banjir yang menggenang di runway

Jakarta, IDN Times - Akibat banjir yang menggenang di area runway, Bandara Halim Perdana Kusuma menutup jalur penerbangannya, Rabu (1/1). Sejumlah rute penerbangan akhirnya dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Selain jarak yang tidak terlalu jauh, yaitu 40 km, kedua bandara ini juga dioperasikan oleh perusahaan yang sama, yakni PT Angkasa Pura II sehingga saling mendukung satu sama lain.

"Kapasitas di Soekarno-Hatta masih tersedia untuk melayani penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma. Di Soekarno-Hatta terdapat berbagai fasilitas dan prosedur untuk mendukung hal tersebut, kami siap agar penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma dapat tetap beroperasi normal melayani masyarakat," ujar Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta.

1. Total ada 21 rute penerbangan yang dialihkan

Bandara Soetta Layani 21 Rute Penerbangan yang Dialihkan dari Halim(Sebuat pesawat Emirates Airlines mendarat di Landasan Pacu atau Runway 3 setelah resmi dioperasikan pertama kalinya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (20/12/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Terdapat 21 rute penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdana Kusuma ke Soekarno-Hatta, yaitu dari dan ke Kualanamu, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Solo, Malang, Jambi, Semarang, Lampung, Silangit, Belitung, Padang, Balikpapan, Ambon, Lombok, Kupang, Pekanbaru, Bengkulu, Batam, dan Tasikmalaya.

Adapun maskapai yang beroperasi di Halim Perdana Kusuma adalah Lion Air, Batik Air dan Citilink untuk sejumlah rute tujuan.

Baca Juga: [BREAKING] Banjir Jakarta, Jalan Rasuna Said Seperti Kolam Renang

2. Masyarakat dihimbau untuk memperhatikan pengalihan rute tersebut

Bandara Soetta Layani 21 Rute Penerbangan yang Dialihkan dari Halim(Penumpang beraktivitas di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten) ANTARA FOTO/Fauzan

Dari rute-rute tersebut, terdapat 71 kedatangan penerbangan yang dialihkan ke Soekarno-Hatta dari Halim Perdana Kusuma, Rabu (1/1).

PT Angkasa Pura II mengimbau kepada penumpang pesawat agar memperhatikan informasi terbaru terkait dengan peralihan penerbangan dari Halim Perdana Kusuma ke Soekarno-Hatta.

3. PT Angkasa Pura II tengah melakukan normalisasi runway di Halim

Bandara Soetta Layani 21 Rute Penerbangan yang Dialihkan dari Halimtwitter.com / @BNPB_Indonesia

Sementara itu, PT Angkasa Pura II juga tengah melakukan upaya normalisasi runway di Bandara Halim Perdana Kusuma. Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Nandang Sukarna mengatakan saat ini runway tengah dalam proses pengeringan dan pembersihan serpihan benda asing atau foreign object damage (FOD).

“Yang jelas, runway tidak akan dioperasikan apabila belum memenuhi prosedur dan safety level yang telah ditentukan. Kami sudah berkoordinasi dengan maskapai agar seluruh penerbangan dialihkan ke Soekarno-Hatta,” ujar Nandang Sukarna.

Baca perkembangan terkini seputar banjir dan artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Bandara Halim Terendam, Penerbangan Dialihkan ke Soetta

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya