Comscore Tracker

Mal Taman Anggrek Kembali Beroperasi Pascabanjir, Begini Penampakannya

Listrik di dalam mal masih sempat beberapa kali padam

Jakarta, IDN Times - Saat banjir melanda sejumlah wilayah DKI Jakarta pada awal 2020 sejumlah pusat perbelanjaan besar di ibu kota ikut terdampak, salah satunya Mal Taman Anggrek di Jakarta Barat. 

Setelah menutup operasionalnya selama 15 hari, Mal Taman Anggrek akhirnya kembali beroperasi sejak 16 Januari 2020. Penutupan pusat perbelanjaan itu dilakukan setelah banjir yang melanda kawasan tersebut merusak instalasi listrik yang ada di mal.

1. Kerugian juga dirasakan pegawai toko

Mal Taman Anggrek Kembali Beroperasi Pascabanjir, Begini PenampakannyaIDN Times/Dimas Fitra Dirgantara

Penutupan sementara ini tak hanya berdampak untuk pihak mal saja, tetapi banyak pihak lain juga dirugikan atas peristiwa tersebut, salah satunya pegawai yang bekerja di toko-toko Mal Taman Anggrek.

"Mal tutup, toko juga tutup. Jadi saya selama dua minggu di rumah aja," ujar salah satu pegawai toko yang enggan disebutkan namanya kepada IDN Times, Kamis (23/1).

Ia juga mengatakan, terpaksa merelakan gajinya apabila terpotong oleh toko karena dampak penutupan ini. "Belum tahu sih dipotong atau gak, karena kan ini juga bukan kesalahan tokonya. Tapi kalau memang dipotong ya mau gak mau terima saja," katanya.

Baca Juga: Satu Pengelola Jadi WNA, Mal Taman Anggrek Diduga Langgar Hutan Kota

2. Listrik di Mal Taman Anggrek masih sempat beberapa kali padam

Mal Taman Anggrek Kembali Beroperasi Pascabanjir, Begini PenampakannyaMal Taman Anggrek di Jakarta Barat belum beroperasi hingga Rabu (15/1) sejak banjir merendam mal ini pada awal Januari 2020. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Meskipun telah kembali beroperasi selama satu minggu, aliran listrik Mal Taman Anggrek sempat beberapa kali padam. Menurut kesaksian salah satu pegawai, padamnya listrik secara tiba-tiba ini dikarenakan genset yang ada tidak memiliki daya cukup dengan yang dibutuhkan mal.

"Di hari pertama buka sempat mati, terus beberapa hari lalu juga sempat mati tuh sekitar jam 8 malam," kata salah satu pegawai.

Di awal operasional, Mal Taman Anggrek juga belum sepenuhnya teraliri listrik secara merata. Menurut pegawai tersebut, di hari pertama operasional, masih banyak bagian mall yang belum teraliri listrik, seperti kamar mandi dan sebagian mall.

3. Mal Taman Anggrek sudah kembali didatangi pengunjung

Mal Taman Anggrek Kembali Beroperasi Pascabanjir, Begini PenampakannyaIDN Times/Dimas Fitra Dirgantara

Berdasarkan pantauan IDN Times, Mal Taman Anggrek sudah kembali didatangi pengunjung. Aktivitas di dalam mal juga sudah kembali normal dan toko-toko di dalam mal juga sudah kembali beroperasi.

Salah satu pegawai mal mengatakan, meski sudah normal, pengunjung tidak seramai biasanya sebelum penutupan sementara pada 1 Januari lalu.

"Gak terlalu ramai sih, mungkin masih banyak yang belum tahu kalau sudah buka," kata salah satu pegawai.

4. Instalasi listrik masih proses pemulihan

Mal Taman Anggrek Kembali Beroperasi Pascabanjir, Begini PenampakannyaIDN Times/Dimas Fitra Dirgantara

Sudah seminggu beroperasi, instalasi listrik di Mal Taman Anggrek belum sepenuhnya pulih. Pantauan IDN Times, beberapa petugas terlihat sedang memperbaiki mesin genset yang berada di samping mal.

"Masih dibenerin itu, kan kemarin juga beberapa kali mati," kata Ahmad, juru parkir Mal Taman Anggrek.

Baca Juga: Dampak Penutupan Mal Taman Anggrek, Warga dan Pegawai Merugi

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya