1.680 Pasukan Oranye Diterjunkan di DKI Selama Natal

Pasukan oranye pastikan Jakarta bersih selama Natal

Jakarta, IDN Times – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menerjunkan 1.680 petugas untuk selama libur Natal 2023. Lewat kebijakan itu, Jakarta diharapkan selalu bersih selama libur Natal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, kegiatan penanganan kebersihan selama Natal tetap berlangsung seperti biasa.

"Meski jatuh pada hari libur, pasukan oranye DLH tetap bekerja seperti biasa," ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu ( 24/12/2023).

 

1. Petugas pastikan kebersihan di gereja

1.680 Pasukan Oranye Diterjunkan di DKI Selama Natalilustrasi sampah (pixabay.com/Ben_Kerckx)

Asep mengungkapkan untuk mengantisipasi timbunan sampah di gereja pada momen perayaan Natal tahun ini, pihaknya telah menyiapkan rencana operasi, satuan tugas, sarana, dan armada penanganan sampah.

"Seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing," kata Asep.

Baca Juga: Jelang Nataru, Kemenkes Deteksi 41 Kasus Varian JN1 di DKI dan Batam

2. Petugas pastikan kebersihan di tiap kecamatan

1.680 Pasukan Oranye Diterjunkan di DKI Selama NatalDinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bersih-bersih masjid dan musala sambut Ramadan. (dok. DLH)

DLH Jakarta, ungkap Asep, menurunkan minimal 40 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan. Mereka ditugaskan memastikan Natal dan rangkaian perayaannya berjalan dengan nyaman tanpa sampah.

Selain itu, DLH Jakarta juga mengerahkan regu comot di lingkungan gereja bekerja sama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan terkait.

"Bahkan, ada petugas yang ikut serta gotong royong membersihkan gereja bersama pengurusnya untuk menyiapkan rangkaian perayaan natal," kata Asep.

3. Petugas dan armada kebersihan dioptimalkan di gereja

1.680 Pasukan Oranye Diterjunkan di DKI Selama NatalGereja Santo Yoseph Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain personel, DLH Jakarta juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobile, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan di malam Natal.

Khusus buat gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai, dijelaskan Asep, petugas dan armada penanganan kebersihan ditugaskan lebih optimal. Misalnya, di Gereja Katedral dan Immanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara.

Baca Juga: Toyota Siapkan Posko Ratusan Bengkel Siaga Selama Nataru

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya