37.000 Anggota Tagana Siap Perangi Virus Corona

Tagana ulang tahun ke-16 di tengah wabah COVID-19

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Juliari P Batubara mengungkapkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) terjun melaksanakan aksi menanggulangi virus corona atau COVID-29 di berbagai pelosok daerah.

Mensos Juliari mengatakan sejak ditemukan penderita COVID-19 di beberapa daerah di Indonesia, Tagana bersama unsur relawan lainnya bergerak cepat melakukan sosialisasi maupun edukasi.

"Saya memantau langsung pergerakan para relawan Tagana di berbagai daerah dalam pencegahan penyebaran virus yang mematikan ini, dan Tagana dengan cepat melakukan upaya antisipasi dengan tetap berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait," kata Juliari dalam siaran tertulis, Selasa (24/3).

1. Ulang tahun Tagana bantu cegah penyebaran COVID-19

37.000 Anggota Tagana Siap Perangi Virus CoronaDok kemensos

Juliari mengatakan pada saat perayaan ulang tahun ke-16 sekarang ini, Tagana justru memperkuat diri dengan membantu pemerintah mencegah penyebaran virus corona melalui berbagai kegiatan kemanusiaan.

"Tagana secara proaktif melalui Dinas Sosial setempat melakukan aksi nyata kampanye pencegahan penyebaran virus corona hingga ke pelosok desa, bakti sosial penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas publik, dan terlibat dalam Gugus Tugas COVID-19 bertanggung jawab dalam pengelolaan Dapur Umum," kata dia.

37.000 Anggota Tagana Siap Perangi Virus CoronaYang perlu kamu perhatikan jika terpaksa keluar dari rumah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Baca Juga: Virus Corona di Indonesia Tembus 686 Kasus, Tersebar di 24 Provinsi

2. Tagana adalah relawan tanpa pamrih

37.000 Anggota Tagana Siap Perangi Virus CoronaPetugas Tagana Kota Cirebon membantu menyediakan makanan bagi warga terdampak banjir di Kel. Kalijaga Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Menurut Juliari, Tagana memiliki makna tersendiri. Sejak memimpin Kementerian Sosial pada Oktober 2019 hingga sekarang, dia melihat kerja keras Tagana di berbagai daerah sangat nyata dan dirasakan dampaknya di masyarakat.

"Tagana adalah relawan sejati yang bekerja tanpa pamrih," kata Mensos, mengapresiasi kiprah Tagana selama 16 tahun.

3. Sebanyak 37.000 anggota Tagana tersebar di seluruh pelosok

37.000 Anggota Tagana Siap Perangi Virus CoronaPetugas Tagana Kota Cirebon menyiapkan makanan di dapur umum Kelurahan Kalijaga Kota Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Sementara, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazarudin menjelaskan Tagana memiliki kemampuan dan keterampilan dalam penyelamatan korban bencana, psikososial, shelter, dapur umum, logistik, advokasi sosial, evakuasi, pendamping sosial, DVI, dan komunikasi.

"Saat ini jumlah personel Tagana lebih dari 37 ribu orang dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia," kata Pepen.

Seiring berjalannya waktu, kata Pepen, Tagana terus berkembang hingga kini telah memiliki relawan Sahabat Tagana sebanyak 63.140 orang. Mereka berasal dari berbagai profesi di antaranya jurnalis, artis, organisasi masyarakat, hingga pekerja seni.

https://www.youtube.com/embed/eFLpdE7HfWQ

Baca Juga: Deretan Pejabat Tinggi di RI yang Terinfeksi Virus Corona

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya