Comscore Tracker

5 Provinsi dengan Kasus Positif dan Kematian Tertinggi akibat COVID-19

Kasus positif di berbagai daerah menurun pada minggu ini

Jakarta, IDN Times - Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito memaparkan data kasus positif COVID-19 mingguan. Setelah pekan lalu sempat mengalami perkembangan ke arah yang kurang baik, pada minggu ini (per 11 April 2021) terjadi penurunan sebesar 14,2 persen pada penambahan kasus positif.

Selain itu juga terdapat penurunan sebesar 17,6 persen pada penambahan kematian. Kemudian, kasus sembuh juga menurun sebesar 3,5 persen.

"Perlu diingat bahwa penurunan kesembuhan pada saat ini bukan berarti terjadi penurunan dalam penanganan pada pasien positif sehingga kesembuhan ikut turun. Namun, bisa juga disebabkan karena kasus positif yang semakin menurun.
Sehingga kasus sembuh juga menurun mengikuti tren kasus positif," ujarnya dalam YouTube BNPB, Kamis (15/4/2021).

1. Lima provinsi penyumbang kasus positif

5 Provinsi dengan Kasus Positif dan Kematian Tertinggi akibat COVID-19Ilustrasi petugas medis memeriksa kondisi pasien virus corona menggunakan APD. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Meski demikian, Wiku mengingatkan lima provinsi yang masih menyumbang kasus positif COVID-19 tertinggi dalam minggu ini.

Lima daerah tersebut adalah Jawa Tengah yang mengalami kenaikan kasus positif sebanyak 620 orang, Riau naik 412 orang, Sulawesi Selatan naik 368 orang, Jawa Barat naik 274 orang, dan Sumatra Barat naik 214 orang.

Baca Juga: [LINIMASA-6] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

2. Lima provinsi angka kematian kasus COVID-19 terbanyak

5 Provinsi dengan Kasus Positif dan Kematian Tertinggi akibat COVID-19Keluarga salah satu pasien COVID-19 yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (19/6/2020) (IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati)

Selain lima provinsi dengan penambahan kasus positif tertinggi, Wiku juga menyebutkan provinsi dengan kematian corona tertinggi.

Sumatera Barat naik 18 orang, Sumatra Selatan naik 16 orang, Jawa Barat naik 14 orang, Bali naik 12 orang, Jawa Tengah naik 9 orang.

3. Pemerintah daerah optimalkan fungsi posko

5 Provinsi dengan Kasus Positif dan Kematian Tertinggi akibat COVID-19Ketua Tim Pakar Gugus Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (Dok. BNPB)

Wiku menggarisbawahi Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatera Barat karena minggu ini baik kasus positif dan meninggalnya terjadi kenaikan.

"Dimohon kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah untuk memantau perkembangan di kawasan masing-masing dan terus mengoptimalkan fungsi posko di beberapa desa dan kelurahan," katanya.

Baca Juga: Zona Merah COVID-19 Bertambah Jadi 11 Daerah, Ini Daftarnya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya