Comscore Tracker

6 Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftar Namanya

Presiden Joko Widodo akan beri gelar saat Hari Pahlawan

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengungkapkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional, kepada enam tokoh saat Hari Pahlawan pada 10 November 2020. Penganugerahan gelar tersebut akan dilakukan di Istana Merdeka.

"Ada enam calon penerima gelar pahlawan nasional 2020, insyaallah tidak ada perubahan," ujar Juliari dalam konferensi pers, Jumat (6/11/2020).

Baca Juga: 5 Pahlawan Nasional Wanita, Keberanian dan Pengabdiannya Menginspirasi

1. Dua nama merupakan tokoh dari Maluku Utara dan Papua Barat

6 Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftar NamanyaPresiden Joko Widodo (kanan) menyerahkan plakat anugerah gelar pahlawan nasional kepada ahli waris tokoh asal Sulawesi Tenggara Sultan Himayatuddin, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi (kiri) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh, yaitu anggota BPUPKI/PPKI Abdul Kahar Mudzakkir, Alexander Andries Maramis dan KH Masykur, tokoh jurnalisme dan pendidikan asal Sumatera Barat Ruhana Kudus, Sultan Himayatuddin asal Sulawesi Tenggara, dan tokoh bidang kedokteran serta pendidikan Prof Dr M Sardjito. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Juliari menyebutkan enam nama tersebut pertama, Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara, kedua Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat.

"Jadi dua nama akan menjadi yang pertama bagi Maluku Utara dan Papua Barat, ini memang belum pernah memiliki pahlawan nasional. Apabila tidak ada perubahan, insyaallah kedua nama tersebut akan diberikan gelar pahlawan tahun ini," kata dia.

2. Kapolri dan Menteri Penerangan era Presiden Sukarno juga dapat gelar pahlawan

6 Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftar Namanya

Kemudian, Jenderal Polisi (Purnawirawan) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kapolri pertama yang berdomisili di DKI Jakarta. Lalu, yang keempat adalah Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara.

"Beliau merupakan tokoh pergerakan dan pernah menjadi Menteri Penerangan pada saat Presiden Sukarno," kata Juliari.

3. Presiden Jokowi akan anugerahkan gelar pahlawan nasional usai ziarah di TMP Kalibata

6 Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftar NamanyaTaman Makam Pahlawan Nasional Utama di Kalibata, Jakarta (IDN Times/Sunariyah)

Gelar pahlawan selanjutnya diberikan kepada Mr Sutan Mohammad Amin Nasution yang berasal dari Sumatra Utara. Terakhir, adalah Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi dari Provinsi Jambi.

"Itu enam nama calon penerima gelar pahlawan nasional yang akan disampaikan langsung oleh Bapak Presiden di Istana Negara pada 10 November, setelah upacara ziarah nasional," ucap Mensos.

Juliari menegaskan enam nama yang akan mendapatkan gelar pahlawan nasional tersebut sudah melalui proses, baik dari Kementerian Sosial maupun Dewan Gelar.

 

4. Kemensos sebelumnya usulkan 20 nama sebagai pahlawan nasional

6 Tokoh Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftar Namanya(Juliari Batubara tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sementara, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto menambahkan, sebelumnya Kemensos mengajukan 20 nama yang dicalonkan mendapatkan gelar pahlawan nasional tahun ini.

"Kementerian Sosial sebenarnya mengajukan 20 nama, namun ada enam yang akan diberi gelar. Saya dapat info kemarin sore, Pak Presiden sudah menandatangani Keppres (Keputusan Presiden), mudah-mudahan 10 (November 2020) bisa diberikan (gelar pahlawan nasional) dengan lancar," imbuh Juliari.

Baca Juga: Kemensos Terima 20 Usulan Nama Penerima Gelar Pahlawan Nasional

Topic:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya