AHY: Ani Yudhoyono Figur Ibu yang Lengkap  

Sosok Ani Yudhoyono di mata sang putra sulung

Jakarta, IDN Times - Seluruh anggota keluarga mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, saat ini tengah mendampingi Ani Yudhoyono yang mendapat perawatan di Intensive Care Unit (ICU), tidak terkecuali Agus Harimurti Yudhoyono yang akrab disapa AHY. 

Putra sulung Ani Yudhoyono ini senantiasa memantau kesehatan sang ibu di tengah kesibukan di dunia politik. Suami Annisa Pohan ini sering mengunggah kebersamaannya bersama Ani saat di rumah sakit.

Lalu, bagaimanakah pandangan AHY terhadap sosok ibunya itu? Berikut ini wujud kecintaan AHY pada Ani yang diungkapkan dalam buku biografi Ani Yudhoyono "Kepak Sayap Putri Prajurit" dan dari berbagai sumber lain.

1. Ibu yang multidimensi dan figur yang lengkap

AHY: Ani Yudhoyono Figur Ibu yang Lengkap  Instagram.com/aniyudhoyono

AHY mengungkapkan, Ani Yudhoyono merupakan sosok multidimensi yang memberi pengaruh luar biasa dalam cara pandang melewati hidup.

"Ia adalah figur yang lengkap," ucapnya.

Dalam sosok Ani, AHY menemukan kelembutan, ketegasan, kewibawaan, kehangatan, dan rasa tenang sekaligus.

"Dengan kemampuan yang luar biasa, sentuhan tangan ibu telah membesarkan saya. Ia adalah ibu yang lembut dan penuh kasih, guru yang sabar, pelindung yang setia, dan teladan yang tidak habisnya memberikan inspirasi. Saya sangat mencintai ibu," ungkap AHY.

2. Ibu punya bakat mengajar baik

AHY: Ani Yudhoyono Figur Ibu yang Lengkap  Dok. Buku Biografi Kepak Sayap Putri Prajurit

AHY menceritakan kenangan terindah semasa kecil saat ibu mengajar. Menurut AHY, Ani Yudhoyono seorang ibu yang punya bakat mengajar.

"Ia sangat kreatif menciptakan banyak cara agar kami mengerti pelajaran sekolah. Kadang dia berdongeng, kadang buat gambar, ia pintar sekali menyederhanakan teori yang rumit menjadi mudah dimengerti," jelasnya.

Baca Juga: Kondisi Drop, Ani Yudhoyono Sempat Tak Sadarkan Diri

3. Ani sosok yang pemberani

AHY: Ani Yudhoyono Figur Ibu yang Lengkap  Instagram/@aniyudhoyono

Di mata AHY, sosok Ibu Ani tidak hanya menjadi Ibu yang lembut dan penyayang namun juga sosok pemberani. AHY menceritakan satu di antara sekian momen yang menunjukkan Ani Yudhoyono sebagai wanita pemberani.

"Keberanian ibu luar biasa. Saya ingat saat di Dili, saat masih duduk di SD. Bapak bertempur di hutan-hutan, kami pun dikawal ke mana-mana. Saya merasakan situasi cukup berbahaya, namun ibu dengan ketegaran yang mengagumkan bisa membuat kami nyaman, aman, dan tidak ketakutan. Dia selalu menjaga mood kami agar tetap riang," kenang AHY.

4. Ibu Ani memiliki kemampuan beradaptasi

AHY: Ani Yudhoyono Figur Ibu yang Lengkap  Intagram/@aniyudhoyono

AHY menilai sang ibu memiliki kemampuan adaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi mengikuti karier bapak.

"Ibu bermetamorfosis dengan cepat. Menjadi istri perwira, istri menteri, dan akhirnya Ibu Negara. Saya melihat ibu sangat cakap dengan kemampuan yang terus ditingkatkan. Pada dasarnya, ibu adalah orang yang tidak pernah berhenti belajar," ungkapnya.

5. Ibu Ani sosok yang berpegang teguh pada prinsip

AHY: Ani Yudhoyono Figur Ibu yang Lengkap  Instagram.com/aniyudhoyono

Menurut AHY, sang ibu adalah orang yang teguh pada prinsip yang diyakini benar. Meski begitu, menurut AHY, ibunya juga selalu cair untuk mencapai cita-citanya.

"Tentu saya gak akan pernah lupa pelajaran paling penting dari ibu adalah untuk be yourself dan menggapai cita-cita dengan cara yang baik," imbuh AHY. Pesan itu pula yang akan selalu dipegang AHY.

6. Ani minta AHY terus bekerja dan berjuang

AHY: Ani Yudhoyono Figur Ibu yang Lengkap  Instagram/ @agusyudhoyono

Selain itu, AHY juga selalu ingat nasihat Ani bahwa perjuangan tidak selalu mudah. Ya, kadang suka, kadang duka, kadang menang, kadang kalah, dan kadang berhasil, kadang gagal.

"Tapi akan selalu ada hikmahnya dan teruslah bekerja dan berjuang, insyaallah akan mencapai sukses," ujar AHY menirukan pesan Ani Yudhoyono.

Baca Juga: Kesehatan Menurun, AHY Minta Masyarakat Indonesia Doakan Ani Yudhoyono

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya