Anies Tertawa Dengar Istilah SCBD Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok

Jalan Sudirman jadi ajang adu outfit anak muda

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tertawa saat mendengar istilah baru SCBD. Bukan Sudirman Central Business District, namun diplesetkan menjadi Sudirman, Citayam, Bojonggede, dan Depok.

Dalam akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Anies mengatakan baru pertama kali mendengar plesetan SCBD, Sudirman, Citayam, Bojonggede dan Depok, saat ditanya wartawan.

"Itu on ground dan ini underground," ujar Anies dalam video yang diunggah di media sosialnya.

Baca Juga: DKI Jakarta PPKM Level 1, Anies Baswesan: Segera Vaksin Booster!

1. Ruang ketiga sebagai tempat yang menyetarakan dan mempersatukan

Anies Tertawa Dengar Istilah SCBD Sudirman, Citayam, Bojonggede, DepokANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Plesetan SCBD muncul lantaran fenomena anak-anak ABG dari Citayam, Bojonggede, dan Depok ramai-ramai nongkrong serta adu outfit di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta.

Anies mengatakan siapa saja bisa dapat memanfaatkan "ruang ketiga" tersebut seperti di kawasan Dukuh Atas tersebut menjadi ruang yang menyetarakan.

"Kami membangun ruang ketiga memang sebagai tempat yang menyetarakan dan mempersatukan. Silakan semua boleh datang menikmati ruang-ruang publik di Jakarta, dengan cara dan ekspresinya masing-masing. Yang penting: jaga kebersihan dan ketertiban," tulis Anies.

2. Jalan Sudirman sebelumnya milik pekerja

Anies Tertawa Dengar Istilah SCBD Sudirman, Citayam, Bojonggede, DepokWarga menyeberang di pelican cross Halte Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (29/3/2020) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Anies mengatakan beberapa tahun lalu, Jalan Sudirman hanya dimiliki orang yang bekerja di kawasan tersebut karena semua menggunakan mobil pribadi.

"Begitu sampai kantor, masuk kantor, ke luar kantor, pakai mobil, pakai motor. Tidak ada yang berjalan kaki antar gedung," ujar dia.

Baca Juga: Transjakarta Dukuh Atas-Kasablanka via Epicentrum Raya Beroperasi Lagi

3. Warga Jabodetabek bisa menikmati pemandangan gedung satu-satunya di Indonesia

Anies Tertawa Dengar Istilah SCBD Sudirman, Citayam, Bojonggede, DepokSuasana Jakarta sekitar MH Thamrin saat PPKM Darurat pada Minggu (4/7/2021). (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Namun setelah trotoar dibangun lebar, lanjut Anies, tidak hanya mereka yang bekerja di kawasan itu saja, namun semua warga Jakarta dan kota sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) bisa menikmati pemandangan gedung satu-satunya di Indonesia.

"Saya mengistilahkan demokratisasi Jalan Sudirman karena menjadi milik semua, siapa saja bisa datang menikmati," kata Anies.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya